Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Obyek Vital Ini Rawan Berpotensi 3C, Polisi Intensifkan Pengawasan Saat Musim Libur Sekolah dan Moment Perayaan Tahun Baru

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Lazuardi Firdaus

25 - Dec - 2018, 17:26

Petugas saat melakukan patroli ke toko emas (Humas Makota)
Petugas saat melakukan patroli ke toko emas (Humas Makota)

MALANGTIMES - Mengantisipasi kejahatan yang rentan terjadi peningkatan saat tahun baru, seperti pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan pemberatan (curat) maupun pencurian dengan kekerasan (curas) atau 3C, Polisi intensif melakukan patroli obyek vital pertokoan emas, perbankan, kawasan sekolah dan tempat parkir.

Baca Juga : 10 Daerah Resmi Dapat Persetujuan Terapkan PSBB

Sebab di tempat-tempat tersebut, menjadi tempat yang berpotensi rawan, terlebih lagi saat menjelang perayaaan Tahun Baru 2019 dan masa liburan sekolah.

Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri SIK, SH, MH menjelaskan, bahwa dalam pergantian atau perayaan tahun baru, tentunya beberapa kawasan berpotensi sepi dari aktivitas warga. Sebab banyak warga yang mungkin saja keluar rumah dan melakukan kegiatan yang terpusat dalam satu lokasi.

"Nah di situlah menjadi kerawanan. Bisa saja hal itu dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya, seperti membobol rumah, membobol toko atau bahkan melakukan penjambretan," terangnya (24/12/2018).

Lanjutnya, karena itulah anggota Polres Malang Kota maupun jajaran Polsek, sudah diinstruksikan untuk terus mengintensifkan patroli di titik-titik keramaian atau kawasan pertokoan.

"Seperti melakukan patroli pemantauan toko emas di kawasan Jl. Pasar Besar Malang untuk mencegah terjadinya tindakan kriminalitas. Anggota juga berdialog dengan pemilik, bagaimana situasinya.

Kemudian kami imbau untuk tak segan melaporkan mereka yang terlihat mencurigakan. Selain itu kami harapkan para pemilik bisa memasang kamera CCTV di berbagai titik, sehingga itu juga meminimalisir tindak kejahatan," jelasnya.

Baca Juga : Viral! Mobil Jenazah Terjebak Lumpur Usai Pemakaman Pasien Covid-19

Selain itu, patroli juga dilakukan di kawasan keramaian seperti mal mapun tempat-tempat parkir yang ada di berbagai titik di Kota Malang. Seperti petugas Polsek Klojen yang menyambangi kawasan Malang Town Square (Matos), Mall Olympic Garden (MOG) dan mengimbau kepada jukir-jukir untuk selalu waspada.

"Dialog dengan masyarakat selalu dilakukan. Kita sering imbau kepada jukir di berbagai tempat agar benar-benar awas mengawasi motor-motor yang diparkir, sehingga potensi terjadinya curanmor bisa dicegah," terangnya.

Asfuri menambahkan, tidak hanya di situ saja, petugas juga melakukan patroli mobile ke kawasan perkampungan yang memang rawan di saat banyak orang keluar rumah saat perayaan tahun baru.

"Kawasan-kawasan perumahan serta kawasan sekolah juga tak luput dari sasaran patroli. Sebab menghindari adanya kebobolan di wilayah hukum Polres Malang Kota. Namun kami juga berharap peran aktif dari masyarakat untuk menginformasikan kejadian-kejadian janggal secepatnya kepada petugas, sehingga bisa segera ditangani," pungkasnya.

 


Topik

Peristiwa malang berita-malang berita-kriminal Perayaan-Tahun-Baru


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Lazuardi Firdaus