MALANGTIMES - Kejadian melompatnya seorang pria tua misterius di Jembatan Pelor yang menghubungkan antara Kelurahan Samaan, Klojen, Kota Malang dengan Kelurahan Oro-Oro Dowo, Klojen disesalkan warga sekitar.

Sebab kejadian seperti ini, ternyata bukan kali ini saja, melainkan sudah seringkali terjadi di tempat tersebut. 

Dampaknya, kawasan sekitar Jembatan Pelor, khususnya kawasan RT 4, RW 6 dicap sebagai kawasan yang sering digunakan bunuh diri.

Dwi Suwardi, Ketua RT 4 mengatakan pihaknya berharap ada tindakan dari pihak-pihak atau instansi terkait dalam upaya pencegahan kejadian ini agar tidak kembali terulang di Jembatan Pelor.

"Dengan kejadian yang kelima kali ini, saya berharap instansi terkait entah itu Pemkot Malang atau lainnya untuk bisa turun tangan dalam mengantisipasi kejadian ini agar tak terulang lagi. Memang seharusnya jembatan ini milik provinsi. Namun wilayahnya kan di Kota Malang, sehingga saya kemarin sempat debat dengan kelurahan, agar segera memasang pinggiran jembatan dengan pagar pengaman atau pagar pembatas," jelasnya saat ditemui MalangTIMES di lokasi kejadian, Minggu (23/12/2018).

Dengan pagar pembatas tersebut, lanjut Dwi, setidaknya akan lebih aman dan bisa mencegah mereka yang mempunyai niatan mengakhiri hidup dengan melompat dari jembatan.

"Selain itu, dengan adanya pagar pembatas itu, kan juga akan menghalangi dan meminimalisir warga yang membuang sampah ke sungai. Saya sudah sampaikan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan untuk bisa segera mengatasi hal ini dengan memasang pagar pembatas, sehingga sekali lagi, kejadian ini tidak terulang," terangnya.

Berikut beberapa kejadian bunuh diri di jembatan tersebut yang pernah diberitakan. 

Pada tanggal 15 November 2016, seorang pria atas nama Susanto Setiobudi (39) mencoba bunuh diri dengan cara melompat dari Jembatan Pelor.

Akibat aksi nekatnya ini, ia harus dirawat di rumah sakit. 

Namun sayang selang beberapa hari kejadian saat ia mendapat perawatan, nyawanya tak tertolong.

Kemudian, pada tahun 2012, dikabarkan juga terjadi aksi bunuh diri di jembatan tersebut.

Seorang pria juga melompat dari atas jembatan sampai akhirnya tewas mereggang nyawa.

Seorang pria pernah bunuh diri di jembatan tersebut pada Oktober 2012 lalu. 

Pria itu meninggal dengan kondisi sangat mengenaskan di lokasi.