Air mancur Alun-Alun Merdeka yang kini nampak begitu indah dengan sinar warna-warni. (Disperkim)
Air mancur Alun-Alun Merdeka yang kini nampak begitu indah dengan sinar warna-warni. (Disperkim)

MALANGTIMES - Menutup tahun 2018, Alun-Alun Merdeka Kota Malang tampaknya bakal semakin banyak dikunjungi masyarakat. Pasalnya, keindahan kawasan alun-alun kian mengangumkan.

Itu setelah Bidang Pertamanan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang melakukan pembaruan dan penambahan lampu LED pada air mancur di tengah Alun-alun Merdeka. Jadi, air mancur pun penuh warna nan indah.

Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan Disperkim Ir Kuncahyani menjelaskan, pembaruan lampu  air mancur di alun-alun dilakukan karena memang umur lampu-lampu air mancur tersebut sudah menginjak tiga tahun sejak beroperasi pada 2015. Selain itu, pembaruan  memang dilakukan untuk menyambut tahun baru 2019 sekaligus menutup tahun 2018. Sehingga nantinya, pada perayaan malam tahun baru, air mancur indah itu  bisa menjadi kado istinewa bagi para pengunjung alun-alun.

"Kami benahi kembali, karena yang lama 
lama jaringannya tidak optimal dan sorot lampunya tidak tinggi. Jadi, hanya di bawah nyalanya. Sedangkan yang sekarang, sorotnya lebih tinggi dan merata serta warnanya lebih tajam," ungkap Yani, panggilan Kuncahyani, (19/12/2018).

Dengan begitu, semburat air mancur di alun-alun akan semakin berwarna dan terlihat meriah, ceria seperti semangat dalam menyambut tahun baru dengan warna merah, hijau, kuning dan biru. Untuk pembaruannya, Yani menyebut menggunakan dana perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun 2018.

Lampu kolam air mancur LED RGB 12 watt. Lampu ini memberikan efek penerangan yang ideal untuk air mancur dan beranimasi menghasilkan efek indah dan menarik. Pengunjung dapat menikmati keindahan ini mulai pukul 18.00 di Alun-Alun Merdeka. (*)