Gus Rommy saat memberikan reward kepada salah satu mahasiswa (foto: Imarotul Izzah/Malang Times)

Gus Rommy saat memberikan reward kepada salah satu mahasiswa (foto: Imarotul Izzah/Malang Times)



MALANGTIMES - Apakah seluruh umat Islam di dunia ini harus disatukan di dalam satu kepemimpinan yang disebut sebagai khilafah? Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ir. H. Muchammad Romahurmuziy, M.T. tidak berpikir demikian.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Rommy ini, ada satu ayat Al Quran yang menunjukkan bahwa nasionalisme itu adalah suatu keniscayaan. Hal ini disebabkan Allah SWT menciptakan manusia dalam berbagai jenis dan berbagai suku bangsa.

"Allah menciptakan kamu sekalian manusia dari jenis lelaki dan perempuan yaitu dari nabi Adam dan Siti Hawa. Dan Kami telah menjadikan kamu sekalian itu berbangsa-bangsa," ujarnya beberapa waktu yang lalu mengartikan salah satu ayat Quran.

Lebih lanjut Gus Rommy menyatakan bahwa bangsa itu tidak diciptakan tunggal. Melainkan diciptakan berbagai bangsa dan bersuku-suku bangsa. "Allah sendiri yang mengatakan manusia diciptakan ke dalam berbagai bangsa dan suku bangsa. Untuk apa? Supaya kita semua saling mengenal," tandasnya.

Lantas mengapa Allah memerintahkan manusia antarsuku dan antarbangsa saling mengenal? "Karena Allah menutup Al-Quran dengan perintah untuk ta'awun, saling menolong," tegasnya.

Nah, tentunya kerja sama ini melibatkan semua agama, semua bangsa. Sepanjang mereka tidak memusuhi kita, adalah kewajiban umat Islam untuk bisa menerima mereka sebagai saudara, yaitu saudara sesama anak manusia.

End of content

No more pages to load