Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Sukseskan Grave Go Green, TNI AD Sinergi dengan Disperkim Tanam 1000 Pohon

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Lazuardi Firdaus

16 - Dec - 2018, 14:13

Nampak petugas Disperkim membersihkan kawasan makam pejuang di TPU Mergosono (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Nampak petugas Disperkim membersihkan kawasan makam pejuang di TPU Mergosono (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - 35 personel Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tempat Pemakaman Umum (TPU) Disperkim, Kota Malang bersinergi menyukseskan program Grave Go Green di lahan kritis TPU Kota Malang.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Upaya saling sinergi tersebut dilakukan dengan penanaman seribu pohon yang merupakan sumbangkan dari TNI AD. 1000 pohon tersebut, terdiri dari beberapa jenia pohon, yakni pohon Nangka, pohon Alpukat, pohon Jambu, pohon kopi dan pohon rambutan.

"Kami keluarga besar Disperkim Kota Malang menyambut baik adanya kerjasama dari militer khususnya TNI AD, dimana melirik TPU sebagai lahan untuk penghijauan.

Gerakan penanaman ini adalah apresiasi dari TNI AD untuk meningkatkan peranan TPU sebagai Ruang Terbuka Hijau dan sebagai perwujudan Grave Go Green melalui lahan kritis di TPU Kota Malang," ungkap Kepala UPT TPU, Taqruni Akbat saat ditemui sebelum acara penanaman berlangsung. Minggu (16/12/2018).

Lanjutnya, setelah itu, anggota TNI AD bersama para pegawai UPT TPU kemudian langsung melakukan penanaman bibit-bibit tersebut di seluruh kawasan TPU Mergosono. Semua titik di TPU Mergosono ditelusuri untuk ditanami. Kemudian beralih berkonsentarsi di lahan makam pejuang yang terletak di sebelah selatan untuk dibersihkan dan juga ditanami.

Namun untuk sampai ke lokasi yang dimaksud, membutuhkan kewaspadaan karena medan yang cukup licin saat musim hujan ini, jalanan menurun cukup tajam.

Gotong royong yang cukup solid antara squat UPT TPU, TNI AD dan warga sekitar begitu nyata. Ilalang liar yang tumbuh dan menghalangi pandangan dalam waktu sekedap dirapikan. Lahan yang kosong kemudian ditanami beberapa jenis pohon.

Sementara itu, Perwakilan dari TNI, Kapten Junaedi menambahkan, Penanaman pohon di area TPU Mergosono memang dimaksudkan sebagai perwujudan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di area pemakaman yang tentunya akan berdampak baik bagi lingkungan.

Di samping itu, ia juga berharap penanaman yang dilaksanakan di awal musim penghujan, bisa membantu dalam perawatan bibit-bibit pohon agar dapat tumbuh dengan baik dan subur.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

"Dan kami berterima kasih kepada masyarakat yang telah menyambut program kami agar kedepannya bisa tetap bsrlanjut dan semakin bermanfaat bagi masyarakat. Penanaman pohon ini kami galakkan bersama masyarakat untuk ke depannya dapat memberikan sumbangsih berupa pabrik oksigen yang dibutuhkan oleh manusia," ucapnya. 

"Mulai dari KOSTRAD, KODIM semua melaksanakan program ini. Sebenarnya kami punya banyak bibit. Namun, yang kami bawa kesini hanya beberapa jenis pohon. Kami punya kelengkeng namun masih sangat kecil. Untuk kedepannya bibit kelengkeng bisa kita tanam," pungkas Kapten Junaedi menambahkan.

 

 


Topik

Peristiwa Grave-Go-Green Disperkim-kota-malang Tanam-1000-Pohon


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Lazuardi Firdaus