Pertegas Identitas, Kota Malang akan Luncurkan Kamus Digital 'Osob Malangan'

MALANGTIMES - Bukan hanya kampung tematik bertemakan Malang yang akan digencar Pemerintah Kota Malang tahun depan. 

Identitas kota pendidikan ini akan lebih diperkuat melalui peluncuran kamus digital 'Osob Malangan'.

Kamus yang sepenuhnya untuk memberikan informasi terkait bahasa walikan yang khas dengan Kota Malang itu rencananya akan diluncurkan di 2019. 

Dengan menggandeng para ahli dan pakarnya, kamus digital bahasa Malangan itu diharapkan mampu mempertegas wujud komitmen pemerintah dalam memperkenalkan budaya Malang.

"Aplikasi ini memang menjadi salah satu target yang akan direalisasikan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni pada wartawan belum lama ini.

Perempuan yang akrab disapa Dayu itu menjelaskan jika aplikasi kamus Osob Malangan tersebut akan dibuat layaknya kamus digital lainnya. 

Di mana di dalamnya ada banyak karakter dan makna dari setiap kata. Masyarakat yang hendak mengetahui arti atau makna dari sebuah kata dapat mengetik langsung dan akan muncul penjelasannya secara rinci.

"Jadi bentuknya nanti sama saja dengan kamus digital yang lain. Tinggal ketikkan katanya dan tekan tombol pencarian maka akan langsung keluar arti dan makna kata yang diinginkan," kata perempuan berambut panjang itu.

Keberadaan kamus digital Osob Malangan itu diharapkan mampu dimanfaatkan maayarakat secara luas. 

Selain itu, masyarakat yang tertarik dengan budaya Malangan khususnya di bidang bahasa dapat mempelajarinya dengan mudah. 

Sehingga, cakupan budaya asli Malang dapat dikenal lebih luas lagi.

"Ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Malang untuk lebih memperkuat karakter Malangan," tutup Dayu.

 

Top