Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Terdampak Banjir, Pemilik Rumah Makan Ringin Asri Kota Malang Rugi Rp 150 Juta

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : A Yahya

11 - Dec - 2018, 14:49

Petigas membersihkan sisa sampah banjir di Rumah Makan Dingin Asri di Jl. Borobudur (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Petigas membersihkan sisa sampah banjir di Rumah Makan Dingin Asri di Jl. Borobudur (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Rumah makan Ringin Asri yang berada di Jl. Borobudur merupakan salah satu tempat terdampak banjir yang terjadi di Kota Malang, Senin (10/12/2018) kemarin. Kerugian yang  ditanggung pemilik rumah makan yang dilengkapi dengan Museum Cinema itu pun lumayan besar, mencapai lebih dari Rp 150 juta.

Pemilik rumah makan Ringin Asri, Hariadi menyampaikan, kerusakan parah yang menimpa rumah makannya itu dialaminya sebanyak dua kali. Pertama terjadi pada 2011 silam. Kerusakan parah pun dialami rumah makan tersebut, dan kerugian pun ditaksir lumayan besar. Beberapa perabot rumah makan miliknya hanyut terseret banjir.

Baca Juga : Di Jalanan, Senyum-senyum Merekah Menerima Sembako Bantuan UIN Malang

"Uang kasir saya hilang itu, lebih dari Rp 150 juta. Terus ada sound system saya juga hilang, dan beberapa perabot lainnya," katanya pada wartawan, Selasa (11/12/2018).

Saat banjir merendam rumah makan miliknya, Hariadi menyampaikan jika dirinya sedang berada di kediamannya. Sementara yang berada di rumah makan adalah karyawannya. Saat hujan, karyawannya pun tidak menyangka jika air akan meluap begitu tinggi. Sehingga barang-barang tak sempat diselamatkan.

"Airnya masuk dari sedikit demi sedikit, tapi kami belum sempat menyelamatkan semua. Syukur koleksi di Museum Cinema masih dapat diselamatkan," imbuhnya.

Dia menduga, air yang meluap begitu besar lantaran adanya kelalaian petugas DAM Tegalgondo. Sehingga air berkekuatan besar mengalir begitu deras hingga ke arah rumah makan miliknya dan beberapa ruko di Jl. Borobudur. Karena di 2011, banjir yang juga merusak rumah makan miliknya itu juga disebabkan limpahan air dari DAM Tegalgondo.

Baca Juga : Peduli Warga Daerah Pinggiran Terdampak Covid-19, MHI Kota Malang Salurkan Bantuan

Akibat insiden tersebut, dia pun mulai membuat saluran air di sekitar gedung rumah makan miliknya. Beberapa tembok sengaja ia lubangi dengan tujuan air yang masuk bisa segera keluar dan mengalir ke kawasan lain. Selain itu, dia berharap agar pemerintah segera melakukan pembenahan terhadap saluran air di kawasan Kota Malang. "Saya berharap agar gorong-gorong itu segera dibenahi, karena kalau dibiarkan ya akan terus begini," pungkasnya.

Sementara itu, petugas gabungan Pemerintah Kota Malang sejak Selasa (11/12/2018) pagi turut membersihkan area rumah makan. Selain itu, gorong-gorong di sepanjang Jl. Borobudur juga turut dibersihkan. Kebanyakan sampah berupa sampah rumah tangga dan sisa bongkarang pembangunan berupa bambu.


Topik

Peristiwa berita-malang Terdampak-Banjir Pemilik-Rumah-Makan-Ringin-Asri Kota-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

A Yahya