Master Bejo Kambing Peranakan Etawa Ini Ditawar Setengah Miliar

Master Bejo saat berada di pedok halaman parkir Jatim Park 2. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Master Bejo saat berada di pedok halaman parkir Jatim Park 2. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Seekor kambing peranakan etawa kaligesing dari Mojokerto ini memiliki harga jual yang tinggi. Di usianya kambing bernama Master Bejo itu ditawar seharga setengah miliar atau Rp 500 juta.

Kambing yang belum genap berusia tiga tahun ini jadi langganan pemenang alias juara 2 disetaip kontes kambing yang digelar. Pada tahun 2018 ini, dari 6 perlombaan yang diikuti selalu sukses meraih juara 1. 

Karena itu lah yang akhirnya bisa mengangkat harga jual kambing tersebut. Meskipun memiliki harga jual yang tinggi, sang pemilik Anis asal Mojokerto Jawa Timur ini tidak ingin melepas kambing kesayangannya.

“Iya sudah ditawar dengan harga Rp 500 juta. Tapi kata anak saya jangan dijual. Jadi saya gak lepaskan meskipun ditawar dengan harga tinggi,” kata Anis, Sabtu (8/12/2018).

Bejo memang merupakan kambing seni dengan postur badan tinggi 105 centimeter dengan panjang 109 centimeter memiliki hulu hitam dan putih. Berat badannya itu mencapai 130 kilogram. 

Kambing dengan nilai jual yang tinggi itu tentunya memiliki perawatan yang khusus. Seperti perawatan mandi harus dilakukan 2 kali dalam satu minggu.

“Untuk memandikan kambing saya, bulunya itu saya beri sampo dan vitamin dari makarizo. Supaya bulunya ini halus,” imbuhnya. Untuk merapikan bulu kambing ini harus disisir dengan menggunakan sisir khusus. 

Lalu untuk makanannya setiap hari harus mengkonsumsi 2 liter susu kambing, kecambah, vitamin, dan kacang hijau. Bahkan saat mengikuti kontes agar tidak stres, Anis harus memberikan ekstra vitamin. 

“Kalau ikut kontes karena perjalanan jauh harus diberi Multi vitamain kuatir stres supaya fisiknya tetap bagus sampai lomba,” jelas Anis saat ditemui di Silatnas ke 6 Kambing dan Piala Presiden 2018.

Tidak hanya itu saja, layaknya seperti anjing diajak untuk jalan-jalan, ternyata itu juga berlaku pada Bejo. Anis mengajak Bejo jalan-jalan 3 kali dalam satu minggu.

Bejo telah melahirkan 15 anak, diusia anaknya 1 minggu saja harganya mencapai 15 juta per ekornya. Terkadang anak Bejo itu bisa laku mulai Rp 15-35 juta per ekor. “Kurang lebih dari anaknya saja sudah terkumpul uang Rp 300 juta,” tambahnya. 

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top