Weekend, Wali Kota Malang Ajak OPD Rancang Program Kreatif Lewat Lelang Kinerja

Wali Kota Malang Sutiaji (kenakan kacamata) saat menyampaikan masukan kepada OPD dalam Lelang Kinerja yang berlangsung di Ngalam Command Center (NCC), Sabtu (8/12/2018) (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (kenakan kacamata) saat menyampaikan masukan kepada OPD dalam Lelang Kinerja yang berlangsung di Ngalam Command Center (NCC), Sabtu (8/12/2018) (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Sabtu (8/12/2018) Balai Kota Malang tampak ramai dibanding hari biasanya. 

Bukanya libur, Wali Kota Malang Sutiaji sengaja 'paksa' Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kota Malang untuk kerja lembur sambil merancang program-program inovatif lima tahun ke depan.

Sejak pagi sekitar pukul 09.00 WIB seluruh Kepala OPD dan jajarannya sigap melakukan pemaparan Lelang Kinerja di Ngalam Command Center (NCC).

Satu per satu OPD menyampaikan sederet strategi dan inovasi yang akan digeber dalam proses pembangunan Kota Malang lima tahun ke depan. 

Melalui proses Lelang Kinerja itu, masing-masing OPD termasuk lima kelurahan di Kota Malang dituntut membuat kreasi dan inovasi baru dalam menyelesaikan dan mencari jalan keluar setiap masalah yang timbul.

"Saya apresiasi semua prestasi dan upaya masing-masing OPD yang sudah mulai melakukan sederet inovasi. Tapi saya harap ada banyak inovasi yang lebih greget lagi untuk bisa diterapkan," kata Sutiaji di sela-sela pemaparan yang dilakukan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Malang.

Dia pun menegaskan, Program Lelang Kinerja ini menjadi salah satu upaya untuk menjadikan Malang sebagai contoh bagi daerah lain.

Sehingga, peu ada gerakan dan inovasi baru dalam memberi layanan yang baik kepada masyarakat. 

Tentunya melalui target yang sebelumnya sudah ditawarkan kepada masing-masing OPD.

"Kalau masing-masing OPD punya unggulan dengan beragam gebrakan itu akan bagus," jelasnya.

Bahkan dalam forum penilaian Innovative Government Award 2018 yang diprakarsai Kementerian Dalam Negeri yang berlangsung di Jakarta belum lama ini, inovasi berupa Lelang Kinerja yang baru saja dikerjakan Pemerintah Kota Malang. 

Meski baru sebatas pembicaraan informal antar personal dan belum antar lembaga, dia optimis Lelang Kinerja nantinya dapat dimanfaatkan dan ditiru oleh daerah lain.

"Masih antar personal belum kelembagaan, kita lihat bersama nanti perkembangannya," imbuhnya.

Sementara itu, sampai dengan pukul 13.30 WIB, proses Lelang Kinerja yang berlangsung di Ngalam Command Center masih berlangsung.

Masing-masung OPD melakukan pemaparan terkait perkembangan inovasi yang telah ditawarkan sebelumnya. 

Selain Wali Kota Malang Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko dan Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto turut hadir dalam kegiatan tersebut. 

Sebagai informasi, Lelang Kinerja merupakan program terbaru yang dicetuskan Wali Kota Malang Sutiaji. 

Melalui Lelang Kinerja tersebut, setiap OPD diminta untuk membuat sederet inovasi baru dengan capaian yang ditargetkan. 

Sehingga, dalam lima tahun ke depan seluruh OPD mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat. 

Baik berkaitan dengan layanan publik ataupun permasalahan sosial dan ekonomi.

Editor : Heryanto
Publisher :
Sumber : Malang TIMES (JatimTimesNetwork)

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top