Perkuat Basis Bantuan Warga Miskin, Pemkot Malang Tempatkan Dua Petugas pada Masing-Masing Kelurahan

Foto Dokumentasi MalangTIMES
Foto Dokumentasi MalangTIMES

MALANGTIMES - Perkuat basis bantuan warga miskin, Pemerintah Kota Malang segera wujudkan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos). 

Rencananya, Puskesos akan didirikan di 57 kelurahan dengan menempatkan petugas masing-masing dua orang disetiap kelurahan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang Sri Wahyuningtyas menyampaikan Puskesos memiliki fungsi mendata dan memvalidasi setiap data yang sudah dimiliki Dinsos. 

Sementara warga miskin yang belum tercatat, dapat langsung dilaporkan oleh petugas Puskesos di masing-masing kelurahan.

"Kalau ada warga miskin di kelurahan dan belum terdata, maka akan dilaporkan oleh petugas secara online. Mereka (petugas) akan dibekali dengan tablet atau smartphone," katanya pada wartawan belum lama ini.

Puskesos akan menjadi pusat informasi dan pemberian layanan kesejahteraan sosial.

Tugasnya menyediakan pelayanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan untuk warga miskin dan rentan miskin tingkat kelurahan. 

Kemudian menyediakan pelayanan rujukan untuk program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan terpadu.

Petugas juga wajib membantu warga mengidentifikasi keluhan warga miskin dan rentan miskin. 

Kemudian memastikan keluhan-keluhan warga miskin dan rentan miskin tertangani dengan baik oleh pengelola program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Perempuan yang akrab disapa Yuyun itu juga menjelaskan, dengan kehadiran Puskesos, maka petugas sosial akan mendapat berbagai kemudahan saat akan melakukan pendataan.

Selain itu, pendataan akan lebih maksimal dan terintegrasi melalui online yang tentunya diharapkan dapat lebih akurat lagi.

Menurutnya, besaran gaji yang diberikan kepada pegawai tahun depan juga akan dinaikkan. 

Jika selama ini per bulan pekerja sosial hanya digaji Rp 100 ribu saja, maka per 2019 nanti para petugas sosial akan mendapat bayaran senilai Rp 600 ribu perbulan. 

Ke depan, kesejahteraan para petugas sosial pun akan terus dinaikkan. Dengan harapan setiap layanan yang diberikan selalu maksimal.

 

Editor : Heryanto
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top