Daripada Fogging, Inilah Cara yang Lebih Efektif Cegah DBD

Caption: Ilustrasi fogging (klikdokter.com)
Caption: Ilustrasi fogging (klikdokter.com)

MALANGTIMES - Musim hujan telah tiba. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang telah mengimbau kepada warga agar memantau genangan air dan membersihkannya secara rutin. Hal ini dilakukan untuk mencegah berkembangnya nyamuk, khususnya nyamuk demam berdarah.

Untuk diketahui, salah satu cara mencegah berkembang biaknya nyamuk tidak hanya dengan menguras genangan air saja. Terdapat cara yang disebut dengan 3M, yakni Menguras, Menutup, dan Menimbun. Selain itu, ada juga abatisasi. Hal ini dinyatakan oleh Kepala Puskesmas Mulyorejo.

"Pencegahannya berupa 3M (Menguras, Menutup, dan Menimbun) dan abatisasi, kemudian membersihkan baju-baju yang bergantung dan sebagainya," ujar 
drg. Indra Ratnasari.

Untuk diketahui, abatisasi fungsinya untuk pencegahan jentik. Jadi untuk meminimalkan terjadinya siklus dari nyamuk itu. Abate biasanya ditaruh di air kamar mandi. Jadinya nyamuk tidak lagi bertelur di air tersebut.

Sedangkan untuk tindakan 3M. Menguras tidak hanya mengganti airnya saja. Melainkan menggosok dinding bak atau tempat penampungan air karena telur nyamuk dapat menempel erat di dinding bak sehingga perlu disikat. Nah, selanjutnya adalah menutup segala tempat penampungan air tersebut. Sedangkan yang terakhir adalah mengubur barang bekas.

Cara-cara ini menurut Indra dinilai lebih efektif daripada fogging. Sayangnya, kebanyakan warga selama ini meminta fogging. Padahal sebenarnya fogging tidak efektif karena hanya membunuh nyamuk dewasa saja. Sedangkan larva tidak terkena efek dari fogging.

Untuk melaksanakan fogging sendiri harus memenuhi persyaratan tertentu. Indra menyatakan bahwa tidak semua kasus demam berdarah dilakukan fogging.

"Pertama dari medis dipastikan dulu bahwa yang bersangkutan benar-benar secara dinyatakan positif demam berdarah. Kalau sudah itu baru tim kami melakukan pemantauan epidemiologi ke wilayah," ungkapnya.

Editor : A Yahya
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top