Pasokan air bersih dari BPBD Kabupaten Malang (Foto: MJoss)
Pasokan air bersih dari BPBD Kabupaten Malang (Foto: MJoss)

MALANGTIMES - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Jawa Timur turun tangan memasok air bersih ke tiga daerah langganan kekeringan yang tahun ini kembali mengalami masalah serupa.

"Tiga daerah itu adalah Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Desa Putukrejo, Kalipare dan Desa Wonorejo, Kecamatan Singosari. Ketiga wilayah itu memang menjadi langganan kekeringan setiap tahun, padahal untuk Desa Karangkates sangat dekat dengan Waduk Lahor dan Bendungan Sutami," kata Kepala BPBD Kabupaten Malang, Hafie Lutfi Senin (24/8/2015).

Menurutnya, pasokan air bersih sudah digelontorkan BPBD sejak 4 Agustus silam dan totalnya sudah mencapai 260.000 liter. Distribusi air bersih dilakukan tiga hari sekali dengan kapasitas pengiriman mencapai 15 ribu liter setiap kali kirim.

BPBD juga mengantisipasi kekeringan yang diperkirakan baru akan mencapai puncaknya pada September mendatang. Hingga saat ini BPBD memang masih sanggup mengatasi permintaan air bersih, namun jika dampaknya meluas mereka siap meminta bantuan pihak terkait lain seperti PMI, PDAM dan Dinas Cipta Karya Kabupaten Malang.

"Kami selalu siaga dan siap untuk melakukan dropping jika ada pengajuan dari masyarakat atau perangkat pemerintah. Harapan kami, tahun ini daerah yang mengalami kekeringan semakin berkurang. Namun demikian, kalau ada yang mengajukan dropping air bersih, kami sudah siap," tandasnya. (*)