Nggak Nyangka, Empat Negara Ini Bangga Lho Punya Darah Keturunan Kerajaan Sriwijaya

Ilustrasi (repro : Top Info)
Ilustrasi (repro : Top Info)

MALANGTIMES - Sudah banyak diketahui jika dahulunya Indonesia merupakan bangsa yang banyak melahirkan kerajaan-kerajaan besar dan luar biasa, seperti Kerajaan Kutai, Banjar, Singosari, Majapahit, Kediri sampai Kerajaan Sriwijaya. Bahkan beberapa kerajaan yang ada sempat memiliki daerah kekuasaan sampai daratan asia tenggara.

Membahas kerajaan nusantara kuno, ternyata, banyak keturunan-keturunan kerajaan yang berada di luar negeri dengan berbagai tujuan. Dan yang lebih membanggakan lagi, etnis-etnis keturunan kerajaan nusantara tersebut masih ada dan merasa bangga dengan darah nusantara yang mengalir dalam darah mereka, terutama untuk mereka keturunan Kerajaan Sriwijaya.

Membanggakan kan bukan?. Nah di sini MalangTIMES bakal merangkum sekitar empat negara yang etnisnya tetap merasa bangga menjadi keturunan kerajaan Sriwijaya.

Etnis Visaya Keturunan Kerajaan Sriwijaya

1. Filiphina, Etnis Visaya

Sriwijaya memang merupakan salah satu kerajaan terbesar di nusantara yang dibuktikan dengan peninggalannnya di berbagai tempat. Bahkan peninggalannya tersebut sampai ke Asia Tenggara, tepatnya di Filiphina. Di negara ini, terdapat sebuah etnis bernama Visaya yang memang mengaku bangga memiliki darah nusantara Kerajaan Sriwijaya.

Nama Visaya sendiri, ternyata diketahui berasal dari akar kata Sriwijaya. Maka tidaklah kaget, jika di kalangan penduduknya cerita tentang Kerajaaan Sriwijaya begitu lekat di telingan dan benak para penduduknya.

Dan hal itu juga bukan hal yang aneh. Sebab diduga, kawasan Filiphina dahulunya merupakan kawasan yang dikuasai Kerajaan Sriwijaya.

peninggalan candi yang identik dengan candi khas Kerajaan Sriwijaya

2. Thailand.

Tak hanya Filiphina, negara Thailand pun juga tak luput dari persebaran para keturunan Kerajaan Sriwijaya. Memang bukan hal yang aneh juga, sebab seperti diketahui, ekspansi kerajaaan nusantara ini sampai ke Asia Tenggara, sehingga peninggalannya pun juga banyak ditemukan di kawasan Thailand. Seperti kebudayaan maupun artefak-artefak kuno.

Misalkan saja, yang paling terkenal ada di Kota Chaiya, Provinsi Surat Thani. Nama kota tersebut, juga diketahui berasal dari akar kata Sriwijaya. Di kota itu pula, juga banyak ditemukan candi-candi khas Kerajaan Sriwijaya dan khas Jawa.

Selain itu, pengaruh Sriwijaya juga merasuk dalam kebudayaan negara Gajah Putih itu. Sebab tarian dan maupun pakaian tradisionalnya Sriwichai juga begitu mirip dengan pakaian daerah Palembang.

warga Malaysia saat berziarah ke makam leluhur di Palembang

3. Malaysia.

Raja-raja dari Kerajaan Malaysia, nyatanya memang merupakan keturunan dari Kerjaaan Sriwijaya. Saat itu raja terkahkir dari Kerajaan Sriwijaya, yakni Prameswara pergi ke negeri Jiran. Dan di sana ia mendirikan kesultanan-kesultanan yang merupakan keturunan Prameswara. Malaysia sendiri juga mengakui bangga jika raja-rajanya menjadi keturunan Kerajaan Sriwijaya.

Selain itu, juga banyak warga-warga dari Malaysia yang pergi ke Palembang untuk mengunjungi makam dari leluhur mereka. Perkembangan budaya melayu juga tak lepas dari peran keturunan Kerajaan Sriwijaya yang memang ikut menyebarkan budaya melayu ini.

tempat yang sering dikunjungi warga Singapura untuk berziarah ke makam leluhur

4. Singapura.

Negara Singapura, setiap tahunnya rutin melalukan ziarah kesalah satu makam yang ada di Palembang. Bukan hal yang mengherankan juga. Sebab salah satu anak keturunan Kerajaan Sriwijaya, yakni Sang Nila Utama juga ikut andil dalam mendirikan Kerajaan Singapura atau Kerajaan Temasek.

Kebanggannya menjadi keturunan Kerajaan Sriwijaya ini dibuktikan dengan banyaknya warga Singapura yang datang ke Bukit Segubtang Palembang, hanya untuk mengunjungi makam leluhur Kerajaan Sriwijaya.

Nah Sahabat MalangTIMES, bangga bukan, kerajaan terbesar yang ada di nusantara terkenal dan memiliki keturunan di luar negeri  dan masih mengakui sampai sekarang. Maka dari itu hargai budaya kita sendiri, jangan sampai tergerus zaman. Nantikan berita-berita menarik lainnya hanya di MalangTIMES.com

Editor :
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top