Hasil Curian Tak Seberapa, Pelaku Nekat Tinggalkan Sepeda Motor saat Ketahuan

Rizal Umam, tersangka dengan barang bukti hasil curian yang diamankan polisi di  Gondanglegi. (Foto : Polsek Gondanglegi for MalangTIMES)
Rizal Umam, tersangka dengan barang bukti hasil curian yang diamankan polisi di Gondanglegi. (Foto : Polsek Gondanglegi for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Meski masih remaja, Rizal Umam -warga Desa Ganjaran, Kecamatan Gondanglegi- sudah ahli mencuri. Bagaimana tidak. Kurang dari dua pekan, pemuda 20 tahun ini sudah melancarkan aksinya sebanyak tiga kali, November 2018 lalu.

Namun, ketika berbuat kali ketiga, aksinya gagal lantaran kepergok oleh korban dan warga sekitar lokasi kejadian. Tidak berselang lama setelah itu, polisi memburu keberadaan pelaku dan mengamankan yang bersangkutan. Akibatnya, Rizal harus mendekam di tahanan sejak awal  Desember ini.

 “Tersangka kami amankan di rumahnya setelah ada petunjuk kuat jika dia pelakunya. Di hadapan petugas, pelaku juga mengakui perbuatannya," terang Kanitreskrim Polsek Gondanglegi Ipda Heriyani, Rabu (5/12/2018).

Dari pendalaman polisi, aksi pencurian pertama terjadi pada Minggu (18/11/2018) dini hari lalu. Tersangka beraksi di Jalan KH Ahmad Dahlan, Desa Putat Lor, Kecamatan Gondanglegi. Korbannya adalah Abu Yamin.

Tersangka mencuri sekitar pukul 02.00 di dalam bengkel mobil milik pria 49 tahun tersebut. Barang-barang yang diambil pelaku adalah satu unit power, satu unit prosesor, satu unit mixer, dan satu unit adaptor.

Semua barang itu dicurinya dengan cara masuk ke dalam bengkel setelah mencongkel pintu. Barang hasil curian tersebut langsung dibawa pulang dan disembunyikan di rumahnya. “Barang curian belum ada yang dijual. Semuanya masih disimpan di rumah tersangka," sambung mantan kanitreskrim Polsek Bantur ini.

Merasa aksi pertamanya aman, pada 29 November lalu, tersangka kembali mendatangi bengkel milik korban. Pelaku berniat mencuri salon speaker aktif di dalam bengkel. Tetapi aksinya kali ini tidak berjalan mulus.

Saat hendak membawa kabur barang curian, aksinya dipergoki  warga. Pelaku yang ketakutan lantas memilih kabur. Saking gugupnya, sandal jepit dan sepeda motor Honda Beat nopol N-2781-EEK yang dikendarainya ditinggal di lokasi kejadian.

 “Berawal dari barang bukti yang tertinggal inilah, petugas langsung melakukan pengembangan. Hasilnya pelaku diamankan setelah sempat menjadi buronan,” pungkas Heriyani. (*)

 

Editor : Yunan Helmy
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top