Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Serunya Wisata Petik Apel di Kota Batu, Belajar Sambil Makan Sepuasnya

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

04 - Dec - 2018, 20:05

Wisatawan saat petik apel di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji. (Foto: istimewa)
Wisatawan saat petik apel di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Ke Kota Batu kurang lengkap jika rasanya tanpa membawa buah tangan apel dari kebun Kota Batu. Desa Tulungrejo bisa menjadi jujukan wisatawan untuk mencari buah apel bahkan bisa memetik sendiri di lahan milik warga setempat.

Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji itu sudah dikenal dengan wisata petik apelnya. Sebab di sana terdapat perkebunan apel puluhan hektar yang sudah disiapkan untuk wisata petik apel.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Jadi jangan khawatir jika takut kehabisan kesempatan untuk memetik apel secara langsung di sana saat liburan akhir tahun nanti. “Kalau di tempat satu apelnya sudah habis di petik akan dipindah di lahan perkebunan apel lainnya,” ungkap Endik Cahya Setya Utama Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tulungrejo. 

Tiket untuk bisa mememetik apel di perkebunan itu Rp 25 ribu per orangnya. Di sana selain bisa memetik sendiri dengan langsung, wisatawan bisa makan buah apel sepuasnya. “Wisatawan bisa makan apel sepuasnya di kebun apel. Kalau mau membawa pulang akan ada biaya tambahan,” ujarnya, Selasa (4/12/2018).

Untuk bisa membawa pulang, pengunjung akan dikenakan tarif Rp 25 ribu per kilogramnya. Harga tersebut disesuaikan dengan kondisi buah apel saat itu. “Kalau apelnya jarang seperti musim hujan ini karena banyak yang busuk juga mempengaruhi harga jualnya,” ujar pria 28 tahun ini.

Biasanya wisatawan yang datang itu bisa membawa oleh-oleh minimal 3 kilogram hingga 30 kilogram per orangnya. Tenang saja setiap orang yang ingin membeli tidak dibatasi berapa jumlah maksimalnya. 

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Menurut Endik selain bisa makan apel gratis sepuasnya di kebun, nantinya menyambut liburan akhir tahun akan ada spot swafoto baru di lahan perkebunan apel. “Gak cuman makan apel sepuasnya gratis, tapi nanti akan ada spot swafoto,” imbuhnya. 

Lalu juga akan diberikan edukasi cara memetik apel yang benar agar tidak merusak batang buah apel. Selain itu bagi wisatawan yang kesusahan untuk mencari informasi tentang petik apel itu bisa mencari di pos informasi di Desa Sidomulyo Kecamatan Batu. 


Topik

Wisata berita-batu Wisata-Petik-Apel Desa-Tulungrejo


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya