Ingin Kompetisi Lebih Baik, Ini Kata Hamka Hamzah

Dec 04, 2018 16:54
Kapten tim Arema FC, Hamka Hamzah (Hendra Saputra/ MalangTIMES)
Kapten tim Arema FC, Hamka Hamzah (Hendra Saputra/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kompetisi Liga 1 musim 2018 yang hanya menyisakan satu pertandingan membuat sebagian orang mulai mengevaluasi bagaimana perjalanan liga dalam setahun ini. Salah satunya yakni kapten tim Arema FC, Hamka Hamzah punya kiat-kiat agar musim depan kompetisi di Indonesia semakin baik.

Baca Juga : Jebolan Persema Punya Target Jalani Musim Kedua di Liga 1 Bersama Arema FC

Pemain berdarah asli Makassar itu merumuskan beberapa hal yang perlu dilakukan oleh komponen PSSI, operator liga dan yang terlibat di dalamnya.

"Intinya semua komponen, pemerintah, aparat (Polri dan TNI), PT Liga, PSSI, klub dan pemain bahkan suporter itu harus menjadi satu kesatuan agar sepak bola lebih bagus," ujarnya. "Ayolah kita sama-sama membuat sepak bola yang menghibur bagi kita semua,"  imbuhnya.

Disinggung lebih rinci, apa yang membuat kompetisi musim 2018 banyak yang mengatakan gagal. Hamka menyoroti pada liga tahun ini banyak jadwal yang berbenturan dengan Piala Indonesia bahkan Timnas Indonesia.

Dengan itu, Hamka berharap ada perubahan dalam kompetisi musim 2019 mendatang. "Jangan ada lagi pertandingan yang jadwalnya berbenturan, jangan ada pemain yang sengaja mencederai lawannya," pesannya.

Baca Juga : Lama Tak Terlihat, Striker Lama Arema FC Akan Bergabung

Selain itu, Hamka juga menyoroti kinerja wasit yang selama ini dianggap tidak terlalu fair dalam memimpin pertandingan. Menurutnya masih banyak oknum wasit yang banyak menguntungkan pihak tuan rumah. Namun pemain yang identik dengan nomor punggung 23 ini masih menyadari bahwa pengadil di lapangan adalah manusia biasa.

"Klub yang ikut, tolong jaga liga ini, jaga sepakbola ini jangan ada pressure kembali kepada wasit. Kalau perlu naikkan saja kompensasi wasit, biar tidak ada lagi kata disogok atau yang lain. Semoga tahun depan liga kita semakin menghibur pecinta sepak bola," pungkasnya. 

Topik
Kompetisi Lebih BaikPemain Arema FCHamka Hamzahlaga terakhir arema

Berita Lainnya

Berita

Terbaru