MALANGTIMES - Tanah longsor terus terjadi di Kota Batu. Kali ini tanah longsor di RT 03 RW 16 Kampung Besta Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu mengorbankan 30 ekor kelinci. 

Kejadian tanah longsor itu terjadi pada Jumat (30/11/2018) pukul 18.30 WIB di rumah Suyadi. Tetapi laporan itu diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Sabtu (1/12/2018).

Setelah mengetahui informasi tersebut, tim TRC BPBD Kota Batu bersama warga setempat  melakukan pembersihan material Longsor dan kerja bakti penanganan tanah longsor di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

 

Saat tanah longsor di halaman belakang rumah Suyadi di sana terdapat kandang kelinci dengan jumlah ternak sebanyak kurang lebih 30 ekor juga ikut tergerus longsor. Sehingga 30 ekor kelinci itu pun juga ikut tertimbun tanah longsor.

“Hingga saat ini belum bisa diangkat juga, karena timbunan tanahnya banyak dan berbahaya. Sehingga masih belum memungkinkan untuk diangkat,” ungkap Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Batu Achmad Choirur Rochim

Ia menjelaskan penyebab adanya tanah longsor saat hujan deras pada Jumat lalu pukul 18.00 WIB yang mengguyur Kota Batu mengakibatkan tanah di pekarangan belakang Suyadi mengalami longsor. “Karena longsoran itu juga hampir mengenai rumah  Roni yang berada dibawahnya. Tapi untungnya tidak sampai terkena,” imbuhnya. 

Tanah longsor yang terjadi itu memiliki tinggi 7 meter. Dengan kerugian diperkirakan mencapai kurang lebih Rp 30 juta. Pada Sabtu ini, BPBD Kota Batu mendistribusikan bantuan logistik kerja bakti dan pemasangan terpal untuk penanganan dampak tanah longsor di RT 03 RW 16 Kampung Besta, Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.