Sejumlah aktivis peduli AIDS menggelar aksi damai. (eko Arif s /JatimTIMES)
Sejumlah aktivis peduli AIDS menggelar aksi damai. (eko Arif s /JatimTIMES)

MALANGTIMES - Peringati Hari AIDS Sedunia, sejumlah aktivis peduli Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS), menggelar sosialisasi tentang pentingnya perilaku sehat untuk mencegah terjadinya penularan HIV AIDS. Aksi ini dipusatkan di jalan raya Sudanco, disamping Patung Monunen Sudanco, Kelurahan Mojotoro, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Sabtu (1/12/18) pagi. 

Selain sosialisasi, mereka juga membagikan selebaran dan menyematkan pita merah kepada warga yang lewat. Pita merah ini digunakan secara internasional untuk melambangkan perang terhadap AIDS sekaligus sebagai simbol kepedulian terhadap penyebaran penyakit mematikan tersebut.

Aksi komunitas peduli Aids Kota Kediri diikuiti oleh Lsm Redline, Amoba, Perwaka (Persatuan Waria), Dinas Kesehatan, dan juga KPAD Kota Kediri.

Sekertaris KPAD Kota Kediri, Hartono, mengatakan, aksi damai diikuti lembaga pengiat HIV AIDS, dalam rangka Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember. Penderita Aids memang mengalami peningkatan, akan tetapi itu merupakan hasil kerja dari semua penggiat HIV/AIDS yang ada di Kota Kediri dalam rangka menyadarkan masyarakat.

"Semua kita kembalikan dari perilaku masyarakat, dengan kesadaran masyarakat dan kerja semua penggiat yang tinggi sehingga banyaknya penderita AIDS yang ditemukan di Kota Kediri, "jelasnya.

Hartono menambahkan, dalam melaksanakan tugas untuk menyadarkan masyarakat terkait bahayanya HIV /AIDS, ia menjelaskan masih banyak masyarakat yang tidak mau tes, karena kesadaran yang kurang.

"Dalam aksi ini aktivis membawa payung yang bersimbol keaman dari HIV / AIDS , dan juga pembagian kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang aman digunakan dalam pencegahan penularan penyakit AIDS , "ungkapnya.

Sementara itu, Hendik Supriyanto, Kasi P2PM (Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular) Dinas Kesehatan Kota Kediri, mengatakan dalam rangka Hari AIDS Sedunia, Kita adakan sosialisasi prilaku hidup sehat dalam berhubungan seksual, untuk memberikan pengetahuan tentang bahaya HIV/ AIDS .

"Kita lakukan aksi turun jalan, serta pemberian sosialisasi kepada masyarakat, penularan HIV AIDS melalui hubungan seksual, dengan memberikan pengetahuan seperti ini nantinya masyarakat akan paham terkiat bahayanya penyakit HIV/ AIDS, "tandasnya.