Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Dana Rp 5 Miliar Cair, KONI Kota Batu Lega Bisa Bayar Utang

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

26 - Nov - 2018, 19:50

Plt Ketua Koni Batu Slamet Muchsin. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Plt Ketua Koni Batu Slamet Muchsin. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu bisa bernafas lega. Mereka akhirnya bisa membayar hutang karena dana hibah Pemkot Batu dari perubahan anggaran keuangan (PAK) sebesar Rp 5 miliar cair. 

Selama satu tahun 2018,  KONI Kota Batu harus memberika dana talangan alia berhutang untuk pelaksanaan kegiatan. Hutang itu tidak hanya dilakukan KONI tetapi, juga dilakukan oleh 29 cabang olahraga (Cabor). “Berbagai program KONI Kota Batu, pembinaan bagi seluruh atlet di 29 cabor dan beragam kegiatan itu kami talangi dulu selama satu tahun,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Koni Batu, Slamet Muchsin.

Baca Juga : Kontroversi, Prestasi, hingga Mundurnya Ratu Tisha dari Sekjen PSSI

Ia menambahkan untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan KONI Kota Batu telah melakukan pinjaman sekitar Rp 600 juta. Kemudian beberapa agenda yang akan digelar oleh Koni Kota Batu di antaranya kepelatihan pelatih, dukungan iptek keolahragaan, dan tes pengukuran atlet untuk puslat, musorpov, pemberian penghargaan bonus bagi atlet dan pelatih yang telah dianggarkan sebesar Rp 400 juta.

Slamet Muchsin menjelaskan, kucuran dana sebesar Rp 5 Miliar itu tidak hanya diperuntukkan untuk KONI Kota Batu. Tetapi juga untuk PSSI Kota Batu. “Rp 5 Miliar itu Koni Kota Batu sebesar Rp 3,5 M dan PSSI Kota Batu sebesar Rp 1,5  M,” katanya.

Keterlambatan pencairan dana itu disebabkan karena mengikuti azaz kepatutan. Sebab mengikuti SOP atau aturan sesuai dengan yang sudah ditetapkan regulasi tentang dana hibah. 

Baca Juga : Libur Karena Covid-19, Kiper Persita Mulai Bosan

Sedang untuk tahun 2019 mendatang lanjut Muchsin, anggaran yang dibutuhkan Koni Kota Batu sebesar Rp 7,5 miliar. Anggaran Itu naik karena ada kegiatan ajang bergengsi di Jawa Timur yakni Pekan Olahraga Provinsin (Porprov) yang bakal digelar di empat tempat pada bulan Juli 2019 mendatang. Yakni di Bojonegoro, Tuban, Lamongan, dan Gresik. Pada event itu, Kota Batu akan mengerahkan sekitar 250 atlet.


Topik

Olahraga KONI-Kota-Batu Pemkot-Batu Ketua-Koni-Batu Slamet-Muchsin perubahan-anggaran-keuangan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya