Layanan kesehatan gratis kerja sama Dinas Kesehatan Kota Malang dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kota Malang di Car Free Day. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

Layanan kesehatan gratis kerja sama Dinas Kesehatan Kota Malang dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kota Malang di Car Free Day. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).



MALANGTIMES - Konsultasi gratis Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang tidak hanya konsentrasi pada balita. Konsultasi kesehatan gratis kerja sama dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kota Malang juga menyasar para remaja.

 Rencananya, stan yang dibuka di area CFD pada Minggu (2/12/2018) akan banyak memberi pengetahuan tentang kesehatan remaja. "Jadi, nggak hanya mengatasi bayi atau balita kurang gizi saja. Melainkan lebih dari itu. Salah satunya pola hidup sehat. Dan minggu depan akan banyak konsultasi untuk remaja," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Dr dr Asih Tri Rachmi MM kepada MalangTIMES.

Tak hanya itu. Dalam kesempatan itu,  Asih juga menyampaikan bahwa pola hidup sehat melalui makanan bergizi sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Jika sebelumnya pola makan yang baik adalah cukup dengan kenyang saja, maka kemudian diubah dengan makan makanan yang gizinya seimbang. Saat ini, nasyarakat pun disosialisasikan agar lebih banyak mengonsumsi protein.

"Karena karbohidrat yang berlebihan itu sangat tidak bagus dan dapat berubah menjadi lemak jahat," jelas Asih.

Menurut dis, kegiatan konsultasi kesehatan gratis itu akan terus berlanjut. Sebab, Persagi Kota Malang dengan jumlah anggota lebih dari 200 orang sangat senang dengan kegiatan tersebut. Setiap minggunya, ada sekitar 10 ahli gizi yang bisa memberikan layanan.

"Berarti satu ahli gizi dalam setahun hanya melayani sekali saja. Kan setiap Minggu selalu digilir dan bergantian, dan para ahli gizi tersebut sangat senang dengan kegiatan tersebut," imbuh Asih.

Dengan adanya kegiatan layanan kesehatan gratis itu, Asih berharap kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan semakin tinggi. Karena salah satu indikator masyarakat sehat adalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala di samping menjaga pola makan dan rutin berolahraga. (*)

End of content

No more pages to load