Layanan konsultasi kesehatan gratis kerja sama antara Dinas Kesehatan Kota Malang dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kota Malang di CFD setiap hari Minggu. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

Layanan konsultasi kesehatan gratis kerja sama antara Dinas Kesehatan Kota Malang dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kota Malang di CFD setiap hari Minggu. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).



MALANGTIMES - Konsultasi kesehatan gratis kerja sama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Kota Malang masih terus berlanjut. Warga Kota Malang yang ingin melakukan konsultasi secara cuma-cuma dapat langsung mendatangi stan yang dibuka di Car Free Day (CFD) setiap hari Minggu.

"Stan dibuka di depan kampus Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma), tepat di depan Simpang Balapan," katanya Kepala Dinkes Kota Malang Dr dr Asih Tri Rachmi MM kepada MalangTIMES saat memantau langsung stan konsultasi kesehatan di CFD, Minggu (25/11/2018).

Antusiasme masyarakat untuk turut serta dalam konsultasi kesehatan itu sangat luar biasa. Dalam satu hari, setidaknya ada 150 hingga 200 warga yang datang untuk konsultasi. 

Karena itu, mulai Minggu pekan depan, Asih mengingatkan agar warga yang melakukan konsultasi gratis untuk membawa kartu Indonesia sehat (KIS) atau BPJS Kesehatan. Tujuannya, ketika ada masyarakat yang membutuhkan penanganan lebih atas sakit yang diderita, dia dapat langaung diarahkan oleh petugas ke puskesmas. Sehingga segala jenis sakit bisa segera diatasi dan layanan kesehatan masyarakat lebih terjamin. Selain itu, warga yang belum memiliki BPJS Kesehatan akan didata dan dapat ditindaklanjuti.

"Jadi, kami juga bisa mengetahui riwayat sakitnya dan bisa ditindaklanjuti. Selain itu, bisa dilakukan pendataan untuk masyarakat yang belum memegang BPJS. Mulai Minggu depan, kami berharap yang akan konsultasi gratis di CFD membawa kartu BPJS," imbuh Asih.

Perempuan berhijab itu menjelaskan, kegiatan konsultasi itu akan terus dilaksanakan, selain karena animo masyarakat sangat besar, juga karena jumlah tenaga ahli yang siap membantu sangat banyak. Saat ini, ada lebih dari 200 ahli gizi yang tergabung dalam Persagi Kota Malang dan seluruhnya tidak merasa keberatan untuk memberi layanan kepada masyarakat.

"Kami sangat mengimbau masyarakat untuk hadir langsung di CFD dan melakukan konsultasi kesehatan dengan gratis. Bisa langsung datang dan mengantre. Antrean tidak panjang karena jumlah petugasnya juga banyak. Jadi, cepat bisa langsung ditangani. Semuanya gratis," ungkap dia. (*)

 

End of content

No more pages to load