Kawasan pedestrian Jalan Veteran yang saat ini ditanami tanaman hias perdu. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kawasan pedestrian Jalan Veteran yang saat ini ditanami tanaman hias perdu. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Upaya memperindah panorama kawasan sepanjang Jalan Veteran, Kota Malang, terus dilakukan Pemerintah kota Malang. Upaya itu tentunya melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) sebagai leading sector dalam bidang tersebut.

Upaya tersebut dilakukan dengan melanjutkan penanaman beragam tanaman hias perdu di pedestrian kawasan Jalan Veteran. Sebelumnya, sebagian pedestrian pada sisi barat sudah ditanami tanaman perdu.

"Ini melanjutkan pedestrian yang sudah ada di sebelah barat dengan penanaman blocking  tanaman hias perdu berbagai jenis dan warna. Antara lain bligo bandung, kuncir putih, bunga pukul-pukul 8, taiwan beauty, korombusa mini," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan Ir Kuncahyani (25/11/2018).

Media tanam pada pedestrian juga ditambah dengan pupuk kandang dan katel atau tanah endapan sungai yang memang kaya  humus. Sehingga tanaman diharapkan bisa tumbuh dengan subur. "Tanahnya itu beda dengan tanah urug," ungkap Yani, begitu kabid pertamanan itu akrab disapa.

Selain penanam perdu, Disperkim juga melakukan penataan atau penyetingan jaringan penyiramannya. Seting jaringan penyiraman akan memudahkan perawatan tanaman-tanaman tersebut.

"Saluran penyiraman sepanjang pedestrian tersebut akan terhubung dengan satu pipa. Setiap jarak tertentu disiapkan kran untuk penyiraman. Sumber airnya dari sumur yang berada taman tengah median jalan," pungkasnya. (*)