Demo menyatakan sikap di depan KPU Tulungagung yang dilakukan Driver Ojek (Foto : Anang Basso / TulungagungTIMES)
Demo menyatakan sikap di depan KPU Tulungagung yang dilakukan Driver Ojek (Foto : Anang Basso / TulungagungTIMES)

MALANGTIMES - Driver ojek pangkalan dan online di Tulungagung menggelar demonstrasi di depan KPUD Tulungagung, Sabtu (24/11) siang. Aksi tersebut merespon pidato Calon Presiden Prabowo Subianto yang menyebut pekerjaan driver ojek online di sebuah acara di Jakarta.
"Kita sudah bekerja halal, kita tidak membebani orang lain. Kenapa Pak Prabowo yang terhormat menghina kami. Apakah profesi ojek itu hina pak," kata Malikul salah satu orator aksi.

Saat demonstrasi, para driver ojek online membawa sejumlah poster. Di antaranya berbunyi : Kami tukang ojek punya harga diri, profesi kami sangat terhormat, tidak perlu miriskan nasib ojek online dan berbagai poster lain yang mengecam ucapan Prabowo.

"Kami datang ke KPU ini  menuntut agar Pak Prabowo meminta maaf. Tolong jangan hina pekerjaan kami, ini bukan pekerjaan hina," tegas koordinator aksi, Suryo Widianto sesaat setelah ditemui anggota KPU.

Komisioner KPU, Khoirul Anam menerima aspirasi yang disampaikan para pengunjuk rasa di kantornya. Pihaknya berjanji akan meneruskan aspirasi ke KPU pusat mengenai hal tersebut.

"Sebenarnya ini adalah ranah Bawaslu, tapi karena ini aspirasi maka sebagai lembaga vertikal ini akan kita sampaikan pada KPU RI," jelasnya.

Sebelumnya, Capres Prabowo Subianto menyampaikan keprihatinan karena lulusan SMA menjadi sopir ojek online. Pernyataan ini dia sampaikan dalam sebuah forum ekonomi di Jakarta.