HM Sanusi Wabup Malang dalam acara Bina Desa meminta beberapa hal kepada jajarannya dan desa (foto: Nana/ MalangTIMES)
HM Sanusi Wabup Malang dalam acara Bina Desa meminta beberapa hal kepada jajarannya dan desa (foto: Nana/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wakil Bupati (Wabup) Malang HM Sanusi meminta kepada jajarannya beberapa hal dalam acara Bina Desa Madep Manteb Manetep di Desa Ngadirejo, Kecamatan Kromengan, Kamis (22/11/2018). 

Permintaan Wabup Malang yang kini menjalankan fungsi pemerintahan di Kabupaten Malang ini, berkali-kali disampaikan dalam setiap kali dirinya memberikan sambutan kepada warga desa sekitar. 

Bukan hanya jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saja yang dimintai oleh HM Sanusi. Tapi juga dirinya meminta beberapa hal kepada Camat Kromengan Joanico Da Costa serta Kepala Desa (kades) Ngadirejo dan lainnya. 
Kepada camat dan kades, Sanusi meminta agar setiap wilayah kecamatan memiliki desa wisata, desa lingkungan hidup dan sentra ekonomi rakyat. 

"Saya meminta itu kepada camat dan kades-kades yang ada di wilayah kecamatan. Minimal di kecamatan ada satu dari tiga permintaan saya. Ini sebagai wujud menguatkan tiga program strategis Kabupaten Malang," kata Sanusi kepada MalangTIMES, Kamis (22/11/2018). 

Permintaan Wabup Malang tersebut, dalam upaya memperkaya karakter setiap wilayah dengan adanya berbagai potensi yang nantinya menjadi ciri khasnya. Misalnya di suatu wilayah memiliki desa wisata yang bisa jadi ciri khas berbeda dengan wilayah lainnya. 

"Ini akan membuat suatu wilayah dikenal banyak orang. Eksesnya adanya peningkatan taraf kesejahteraan dalam meminimalisir kemiskinan perdesaan. Jadi saya minta ini ke kecamatan dan desa, gali segala potensi yang ada serta wujudkan dalam tiga konsep yang saya minta tadi," urai Sanusi. 

Kepada OPD, misalnya Dinas Pendidikan,  Wabup Malang ini juga meminta agar mendorong terwujudnya sekolah unggulan di setiap kecamatan. "Harus ada satu sekolah unggulan di setiap kecamatan. Indikatornya adalah nilai ujian nasional rata-rata 9," tegasnya yang diiyakan oleh M Hidayat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. 
Berbagai permintaan Sanusi tersebut, nantinya juga akan didampingi dengan adanya anggaran daerah yang difokuskan pada tiga program strategis Kabupaten Malang tersebut. Selain tentunya bagi program-program dasar, seperti pendidikan maupun kesehatan. 

Di sektor pendidikan, misalnya, Sanusi meminta seluruh pendidik  fokus pada proses belajar mengajar. Sehingga akan tercapai permintaannya tentang sekolah unggulan di setiap kecamatan. 

"Guru sampai kepala sekolah fokus saja pada bidangnya untuk mencetak para siswa berkualitas. Tidak usah mikir bagaimana cara membangun gedung sekolahan. Itu nanti biar Dinas Pendidikan yang ngurusin," pungkasnya.