Kondisi pohon tumbang di Jl Ir Soekarno. (Foto: istimewa)
Kondisi pohon tumbang di Jl Ir Soekarno. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Hujan deras disertai dengan angin menimbulkan  bencana di Kota Batu. Dua  pohon tumbang di Jl Ir Soekarno Dusun Dadaptulis Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo dan Jl Mojopahit Dusun Ngandat, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Sabtu (17/11/2018)

Yang cukup parah pohon tumbang di jalur utama Kota Batu yakni Jl Ir Soerkarno. Karena pohon tumbang itu membuat kondisi jalan raya lumpuh. Kemacetan panjang pun tak dapat dihindarkan. Sementara pada saat akhir pekan ini kendaraan yang masuk untuk berwisata Kota Batu cukup padat.

“Karena adanya pohon tumbang ini menutup setengah jalan, sehingga sempat terjadi kemcatan akan tetapi tidak berlangsung lama,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim.

Adanya kejadian di dua titik itu petugas Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu dan masyarakat langsung menuju lokasi. Tentunya untuk mengevakuasi pohon tumbang sehingga macet teratasi.

Ia menambahkan pohon tumbang itu disebabkan oleh angin kencang saat hujan deras. Yang menyebabkan dahan pohon berdiameter 20 centimeter itu patah. “Kemudian patahan dari pohon itu juga menimpa atap ruko dan menutup sebagian jalan raya,” imbuhnya.

Di titik yang berbeda dan waktu bersamaan itu terjadi di Jl Mojopahit Dusun Ngandat, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo. Yang mengakibatkan Pohon dengan diameter 25-30 centieter.

Ia menjelaskan memang saat terjadi angin kencang di Kota Batu salah satu kejadian yang sering terjadi adalah pohon tumbang. Karena itu ke depan agar pengendara jalan dan masyarakat lebih waspada saat angin kencang mulai melanda.

“Lebih waspada lagi saat di jalan atau di bawah pohon saat angin kencang. Harus menghindar karena membahayakan,” himbau Rochim.