Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Budaya dan Seni

Perdana, Begini Kekhusyukan Mal Pertama di Malang yang Berikan Fasilitas Salat Jumat Berjamaah

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - Nov - 2018, 18:14

Khusyu, para jamaah salat jumat di Masjid Al Adnan Mall Dinoyo City Kota Malang untuk kali pertama. (Istimewa)
Khusyu, para jamaah salat jumat di Masjid Al Adnan Mall Dinoyo City Kota Malang untuk kali pertama. (Istimewa)

MALANGTIMES - Dinoyo Mall City menjadi mal pertama sekaligus satu-satunya pusat perbelanjaan modern di Kota Malang yang memanjakan konsumennya agar nyaman berbelanja sekaligus beribadah. Sejak Jumat (16/11/2018), pusat perbelanjaan tersebut menyelenggarakan salat jumat berjamaah dengan karyawan serta warga sekitar mal secara perdana.

Direktur Dinoyo Mall City Ir H Jufri Naz menyampaikan, salat jumat berjamaah di area mal sudah lama menjadi impian bersama manajemen. Setelah diwujudkan, pihaknya pun merasa sangat bersyukur dan berharap seterusnya Masjid Al Adnan yang berada di lantai empat Mall Dinoyo City tersebut dapat menyempurnakan ibadah para karyawan serta pengunjung mal.

"Alhamdulillah, karyawan dan masyarakat sekitar dapat melaksanakan ibadah salah Jumat dengan khusyus di Masjid Al-Adnan, lantai empat Mall Dinoyo City," katanya kepada MalangTIMES.

Masjid seluas 16 kali 16 meter itu cukup nyaman dan tenang. Sehingga, pengunjung waktu beribadah pun tak pernah terganggu dengan aktivitas berbelanja. Pengunjung maupun karyawan dapat menunaikan ibadah salat tanpa harus berjauh-jauh ke luar area mal. 

Selama ini, masjid tersebut memang masih sebatas digunakan untuk melaksanakan salat lima waktu. Baru Jumat (16/12/2018) masjid itu digunakan untuk salat Jumat.

Setelah menunaikan keinginan manajemen untuk melaksanakan salat jumat berjamaah, maka ke depan, menurut Jufri, Masjid Al Adnan tersebut akan diisi dengan berbagai kegiatan dan kajian keagamaan. Di antaranya seperti pengajian dan kajian-kajian yang semua akan menambahkan bekal spiritual khusyuknya karyawan atau pengunjung mal dan pasar raya.

Pada kesempatan jumatan perdana tersebut, berlaku sebagai khatib Jumat adalah Ustad H Imam Abda'i SE MM yang merupakan anggota PDM Kota Malang. Dalam kesempatan tersebut, ustad yang saat ini menjalin kerja sama dengan Mall Dinoyo City untuk pembinaan anggota Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) itu  menyampaian tema 'Menggapai Rohmat dan Keberkahan di Tempat Kerja'.

Dalam paparan khutbahnya, Imam mengangkat Qs.al A'rof 96, yang menyebu  begitu mulianya bermuamalah di mal dan pasar raya diimbangi dengan kegiatan ibadah dalam upaya amar makruf nahimungkar yang akan mendatangkan keberkahan dan rahmat Allah.

Sementata itu, Jumatan perdana tersebut dihadiri sekitar 300 orang jamaah sampai meluber hingga teras. Para jamaah pun sangat antusias dengan fasilitas beribadah yang diberikan manajemen Mall Dinoyo City tersebut. Para karyawan yang sebelumnya harus melaksanakan salat jumat di luar mall pun merasa sangat senang. Karena kini, mereka tak harus jauh-jauh untuk melaksanakan ibadah setiap hari jumat.

"Lega sekaligus senang, karena kini jumatan nggak harus ke luar mall. Apalagi kan ini mau masuk muaim hujan. Jadi lebih nyaman aja kalau di kawasan mall," papar seorang jamaah, Agus. (*)


Topik

Hiburan, Budaya dan Seni Dinoyo-Mall-City salat-jumat di-Masjid-Al-Adnan-Mall-Dinoyo-City-Kota-Malang Fasilitas-Salat-Jumat-Berjamaah Direktur-Dinoyo-Mall-City Ir-H-Jufri-Naz


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Sri Kurnia Mahiruni