Suasana peninjauan tes CPNS di Kota Malang oleh Kepala BKN Bima H Wibisana. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Suasana peninjauan tes CPNS di Kota Malang oleh Kepala BKN Bima H Wibisana. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana meninjau langsung pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kota Malang. Didampingi Kepala Regional II BKN Jawa Timur Tauchid Djatmiko, Bima sempat melihat ke dalam ruang tes di Gedung Pertamina SMK Negeri 2 Kota Malang.

Baca Juga : Draft Sudah Final, Besok Pemkot Malang Ajukan PSBB

Bima mengungkapkan, tinjauan itu untuk melihat kondisi pelaksanaan tes di daerah. "Pantauan hari ini, mudah-mudahan banyak yang memenuhi passing grade," ucapnya. Dia menguraikan, di awal pelaksanaan masih banyak kendala di lapangan. Misalnya soal pengadaan komputer untuk tes. Pasalnya, Bima menyebut waktu persiapan yang sangat pendek sehingga penyelenggara sempat keteteran menyiapkan infrastruktur.

Dia mengakui banyak komplain terkait soal tes yang sulit hingga kelulusan di masing-masing daerah kabupaten/kota rendah. "Sebetulnya kalau soal susah, tidak juga. Karena untuk kementerian atau lembaga yang lulus lebih dari 20 persen. Tetapi ketika ini diterapkan di pemerintah daerah, yang lulus jauh di bawah angka itu," terangnya.

Baca Juga : Hari ke 2 Proses Pencarian Pendaki Hilang karena Kesurupan, Puluhan Personel Dikerahkan

Pria berkacamata itu menguraikan, soal-soal yang dibuat memang untuk mengukur kapasitas masing-masing calon pegawai negeri. "Dari sana kan terlihat kemampuannya, sikapnya, pandangan juga loyalitas terhadap negara. Jadi tidak susah," pungkasnya.