Perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Ujang Solihin Sidik (berkacamata) saat memberikan bantuan motor secara simbolis kepada BSM Malang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Ujang Solihin Sidik (berkacamata) saat memberikan bantuan motor secara simbolis kepada BSM Malang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Mendukung perkembangan dari Bank Sampah Malang (BSM) yang ada di bawah pengelolaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  memberikan suntikan tenaga baru dalam upaya pengolahan sampah di BSM.

Baca Juga : Warga Terdampak Covid-19 di Kabupaten Malang, Bakal Dapat Pasokan Makanan Dapur Keliling

Bantuan dari KLHK tersebut berupa tiga motor bak beroda tiga, yang bisa digunakan untuk melakukan pengangkutan sampah dari masyarakat Kota Malang di tiap RW yang menjadi mitra dari BSM. 

Selain itu, BSM juga mendapatkan bantuan dari KLHK satu buah mesin press yang berguna melakukan pengolahan sampah.

Kepala Sub Direktorat Barang dan Kemasan Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Ujang Solihin Sidik, mengungkapkan dalam sambutannya, perkembangan BSM saat ini semakin bagus.

Sebab, dalam partisipasi pengurangan sampah, BSM telah berhasil mengurangi sampah sebanyak lima ton per harinya. 

Selain itu, komposter yang dihasilkan yang begitu bermanfaat sebagai pupuk, jumlahnya begitu besar yakni sekitar 15 ton.

"Karenanya kami harap dengan adanya bantuan tiga buah motor bak beroda tiga dan mesin pengolah sampah ini, bisa semakin meningkatkan kemampuan dari BSM untuk meningkatkan volume pengurangan sampah di Kota Malang, yang itu berdampak langsung pada lingkungan," ungkapnya (15/11/2018).

Baca Juga : Dinsos-P3AP2KB Salurkan Bantuan bagi 1.666 Warga Miskin

Kepala DLH Kota Malang, Agoes Edy Potranto mengatakan selain bantuan sarana dan prasarana pengolahan sampah, BSM juga mendapatkan bantuan permodalan Corporate Social Responbility dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebesar Rp 90 juta.

"Kami selaku Kepala Dinas ,mewakili Wali Kota, sangat berterima kasih atas dukungan KLHK maupaun pihak PLN dalam upaya pengolahan sampah di Kota Malang yang dilakukan pihak BSM. Kami juga berharap dengan support ini, semakin bisa menekan volume sampah yang terbuang di TPA semakin banyak. Bantuan ini akan dimanfaatkan dam dirawat dengan sebaik mungkin," terangnya usai launching gerakan kantong belanja dari rumah (15/11/2018).

Sementara itu, pada acara launching itu, juga turut ditampilkan kreasi dan pertunjukan fashion show dari para member BSM. 

Kesemua produk yang ditampilkan dalam pameran serta fashion show tersebut, merupakan hasil buatan dari barang-barang bekas.