Bagian video viral tak hafal Pancasila yang bikin penonton ketawa. / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

Bagian video viral tak hafal Pancasila yang bikin penonton ketawa. / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES



MALANGTIMES - Tak hafal Pancasila, seorang warga asal Tulungagung harus rela ditegur pelatihnya yang berseragam TNI. Bahkan  "dipukul" helmnya hingga beberapa kali. 

Kontan saja, video yang diunggah akun Yeni Pranoto di salah satu grup di Tulungagung itu banjir respons dan menjadi viral di dunia maya. 
"Iki wong Sendang, kok ngisin-ngisini tenan to yo," tulis Yeni dalam caption.

Beberapa jam diunggah, hampir 1.000 pengguna Facebook membagikan kiriman dengan bermacam komentar pro dan kontra yang terus sambung-menyambung.

Dalam video yang berdurasi 4,18 detik itu, tampak beberapa pelatih jengkel dan sesekali "memukul" helm yang diduga calon prajurit karena tidak hafal sila keempat Pancasila. Padahal dalam dialog diketahui dirinya bukan hanya lulusan SMA, namun telah berpendidikan S1. 


"kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dan permusyawaratan Indonesia," jawabnya dan pelatih memukul helm sambil minta di ulangi. "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dan.. " kembali tidak hafal dan mendapat pentungan lagi di helmnya

Saat diminta mengulangi lagi, ternyata juga masih tetap sama: tidak hafal. Calon prajurit yang dalam video menyebutkan namanya  Yosi Setiawan (kurang jelas suaranya) itu mengaku dari Dusun Candi, Desa Galang, Kecamatan Sendang RT 3 RW 1.

Karena tetap saja tidak hafal, dengan bahasa yang tegas dan sederhana, pelatih  memberikan hukuman berupa menulis Pancasila 50 kali untuk dikumpulkan secepatnya  "Siap pelatih. Besok pagi saya kumpulkan," kata Yosi dan kemudian diminta masuk dalam barisannya.

Belum diketahui siapa yang menyebarkan video yang kini menjadi viral tersebut. Juga belum diketahui apakah Yosi merupakan calon TNI atau kegiatan lain seperti bela negara. Namun, hingga kini penyebaran video yang bisa dibilang "kocak" itu masih terus berlanjut. (*)

End of content

No more pages to load