Foto ilustrasi (klikdokter.com)
Foto ilustrasi (klikdokter.com)

MALANGTIMES - Musim hujan sudah datang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar lingkungan dan tubuh kita tetap sehat. Nah, salah satu yang perlu diperhatikan adalah genangan air di sekitar kita.

Baca Juga : 10 Daerah Resmi Dapat Persetujuan Terapkan PSBB

Saat ini, hujan datang secara tidak menentu. Ini mengakibatkan adanya genangan-genangan air yang tidak habis dan tidak terganti. Genangan air akan berbahaya sekali kalau lama tidak diganti.

"Ketika genangan lama di situ maka akan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk aides aigepty yang bisa menyebabkan demam berdarah," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Dr. dr. Asih Tri Rachmi Nuswantari, MM saat ditemui di kantornya tadi (13/11).

Untuk itu, di saat musim pancaroba yang ditandai dengan hujan yang tidak menentu ini masyarakat harus mulai berhati-hati dan lebih peduli pada lingkungannya. Selain nyamuk, lalat pun juga akan berkembang biak.

Baca Juga : Viral! Mobil Jenazah Terjebak Lumpur Usai Pemakaman Pasien Covid-19

Nah, berkaitan dengan tumbuh kembangnya lalat ini, akan muncul penyakit-penyakit seperti batuk, pilek, diare, hingga tipes. Untuk itu Asih mengimbau agar masyarakat memperhatikan asupan makanannya. Agar tidak mudah sakit di musim hujan ini, Asih menganjurkan untuk banyak makan sayur dan buah.

"Sayur dan buah itu banyak mengandung vitamin c, di mana vitamin c ini juga bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh," tandasnya.