Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Gunakan OSS, 90 Persen Perizinan Usaha Perorangan Pasti Berhasil

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

13 - Nov - 2018, 14:34

Agus Sosiantoro Kepala Seksi Perijinan UPT Pelayanan Perizinan Terpadu DPMPTSP Provinsi Jatim saat menjelaskan kepada 200 peserta di Syariah Radho Hotel Malang, Selasa (13/11/2018). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Agus Sosiantoro Kepala Seksi Perijinan UPT Pelayanan Perizinan Terpadu DPMPTSP Provinsi Jatim saat menjelaskan kepada 200 peserta di Syariah Radho Hotel Malang, Selasa (13/11/2018). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Para pelaku usaha, stakeholder dimudahkan jika menggunakan Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS). Hal ini dikupas habis khusus kepada pelaku usaha dalam Sosialisasi Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Melalui OSS di Syariah Radho Hotel Malang, Selasa (13/11/2018).

Baca Juga : Warga Terdampak Covid-19 di Kabupaten Malang, Bakal Dapat Pasokan Makanan Dapur Keliling

Sosialisasi yang digelar oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang ini mengajak para pelaku usaha menggunakan layanan secara online. Karena banyaknya kemudahan dan manfaat yang bisa didapatkan.

Dengan menggunakan OSS, kemudahan yang didapatkan mempermudah pengurusan berbagai perizinan berusaha di antaranya prasyarat untuk melakukan usaha. Mulai dari izin terkait lokasi, lingkungan, dan bangunan, izin usaha, maupun izin operasional untuk kegiatan operasional usaha di tingkat pusat ataupun daerah dengan mekanisme pemenuhan komitmen persyaratan izin.

Lalu memfasilitasi pelaku usaha untuk terhubung dengan semua stakeholder dan memperoleh izin secara aman, cepat dan real time. Memfasilitasi pelaku usaha dalam melakukan pelaporan dan pemecahan masalah perizinan dalam satu tempat. Hingga Memfasilitasi pelaku usaha untuk menyimpan data perizinan dalam satu identitas berusaha (NIB).

Agus Sosiantoro Kepala Seksi Perijinan UPT Pelayanan Perizinan Terpadu DPMPTSP Provinsi Jatim menjelaskan, secara teknis bagi pelaku usaha baru tentunya sangat dimudahkan dengan adanya aplikasi tersebut. “Di awal dengan menggunakan sistem pelayanan baru tanpa menggunakan kertas. Cukup laman OSS,” kata Agus. 

Hanya saja, pelaku usaha saat mengisi pada lama OSS itu harus jujur. “Karena kalau tidak jujur di laman itu gak ada jalan dan tidak bisa ditawar sebab berhadapan dengan sistem,” imbuhnya. 

Lalu salah penggunaan spasi atau salah tanda juga bisa berpengaruh pada proses pengisian lamar OSS. Akan tetapi lanjut Agus, presentase 90 persen perizinan perseorangan berhasil mendaftarkan melalui OSS. “Dan memang 90 persen pelaku usaha yang mendaftarkan ini rata-rata berhasil,” ujar Agus.

Syarat akses OSS lanjut Agus, memiliki Nomor Induk Keluarga (NIK), badan usaha (PT, Cv, Firma, dan persekutuan perdata menyelesaikan proses pengedahan badan usaha di Kementrian Hukum dan HAM melalui AHU onlines. 

Baca Juga : Dinsos-P3AP2KB Salurkan Bantuan bagi 1.666 Warga Miskin

Dengan menggunakan OSS izin yang dapat diproses oleh DPMPTST beragam. Di antaranya  izin usaha peternakan, izin tempat penampungan pekerja migran Idonesia, izin lembaga pelatihan kerja, tanda daftar gudang, izin usaha industri, tanda daftar usaha pariwisata.

Kemudian izin usaha pengelolaan rakyat, izin usaha pusat perbelanjaan, izin udaha toko modern, izin operasional rumah sakit tipe C dan D, izin operasional klinik, izin penyelenggaraan laboratorium klinik, surat izin tokot obat, izin mendirikan rumah sakit tipe C dan D, izin pendirian apotek.

Lainnya izin usaha kecil dan mikro obat tradisional, izin usaha toko alat kesehatan, izin usaha jasa konstruksi, izin lingkungan, izin pembangunan limbah cair, izin pemanfaatan limbah cair untuk aplikasi ke tanah, izin penyimpanan sementara limbah B3, dan izin pengumpulan limbah B3 skala kabupaten. 



 

 


Topik

Pemerintahan Online-Single-Submission Perizinan-Usaha-Perorangan DPMPTSP-Kabupaten-Malang pemkab-malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya