Dampak Operasi Zebra: Pengemudi Tak Ber-SIM Jera , Pemohon Meningkat 20 Persen

Nov 12, 2018 17:18
Petugas satpas SIM saat memberikan instruksi sebelum pembuatan SIM. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Petugas satpas SIM saat memberikan instruksi sebelum pembuatan SIM. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Operasi Zebra Semeru 2018,  tampaknya, juga menimbulkan efek jera dan berdampak pada peningkatan jumlah pemohon surat izin mengemudi (SIM).

Menurut data di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Satlantas Polres Malang Kota, peningkatan tersebut terjadi sekitar 20 persen daripada hari biasa. Pada hari biasa, jumlah pemohon SIM di Satpas Polres Malang Kota berjumlah sekitar 100 orang.

Baca Juga : Hadang Miras Oplosan di Tengah Covid-19, Polresta Malang Gencarkan Operasi Cipkon

"Pasca-Operasi Zebra Semeru 2018 ini, ada peningkatan 20 persen atau sekitar 20 orang. Jumlah peningkatan adalah jumlah pemohon SIM, bukan kuota SIM yang dikeluarkan per hari," jelas Kanit Regident (KRI) Satlantas Polres Malang Kota Ipda Sunarko Rusbiyanto yang mendampingi Kasat Lantas Polres Malang Kota AKP Ari Galang Saputro SIK.

Meskipun terdapat kenaikan jumlah pemohon SIM,  hal tersebut tidak membuat adanya kendala terhadap teknis proses pembuatan SIM.  Sementara itu, kenaikan jumlah pemohon SIM terjadi pada semua jenis SIM. "Sehingga sejauh ini  tidak ada kendala, baik bahan baku SIM atau proses pembuatan SIM. Jumlah produksi tetap saja stabil," jelasnya.

Namun, Ari Galang  berharap, para pemohon SIM hendaknya janganlah menunggu harus terkena razia terlebih dahulu baru membuat SIM. Jika memang dirasa usia sudah mencukupi dan sudah bisa mengendarai kendaraan, hendaknya segera saja membuat SIM.

Baca Juga : Dampak Corona, 62 Orang Napi di Rutan Kelas II B Trenggalek Dirumahkan

"Kalau memang sudah waktunya, segera buat SIM karena itu merupakan syarat wajib yang harus dimiliki pengendara roda dua atau roda empat," pungkasnya. (*)

Topik
Operasi Zebrapembuatan simSatuan Penyelenggara AdministrasiSatlantas Polres Malang KotaIpda Sunarko Rusbiyanto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru