Kabar Gembira, Disperin Kota Malang akan Sulap Eks Gedung PDAM Jadi Rumah Kreatif untuk Pengusaha Muda

Nov 11, 2018 19:53
Kepala Dinas Perindustrian Kota Malang, Subkhan (Pipit Anggraeni)
Kepala Dinas Perindustrian Kota Malang, Subkhan (Pipit Anggraeni)

MALANGTIMES - Kabar gembira bagi para pelaku usaha industri kreatif. 

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Revitalisasi Pasar Bunulrejo Dibatalkan

Tahun depan, Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Perindustrian (Disperin) akan segera mewujudkan wacana pendirian rumah kreatif di eks gedung PDAM. 

Dengan wilayah yang sangat strategis itu, diharapkan industri kreatif milik warga kota pendidikan ini dapat lebih mendunia.

Kepala Disperin Kota Malang, Subkhan menyampaikan, ada banyak potensi kreatif yang dimiliki para pengusaha di kota yang juga berjuluk sebagai kota bunga ini. 

Sehingga, perlu ada wadah khusus untuk menampung kreativitas para pengusaha yang kebanyakan didominasi kalangan anak muda itu.

"Ide ini sudah kami sampaikan dan diajukan. Jika sesuai dengan rencana, maka tahun 2019 sudah akan mulai penganggaran, dan pada 2020 sudah dapat dinikmati," jelas pria kalem itu pada wartawan baru-baru ini.

Berbeda dengan rumah kreatif yang saat ini berada di Jl Bantaran, menurutnya pembangunan rumah kreatif di kawasan Kecamatan Blimbing itu nantinya akan lebih maksimal. 

Karena selain lokasinya yang strategis, gedungnya juga sangat mumpuni untuk mengisi 16 sub sektor industri kreatif dengan luas sangat mencukupi.

Dengan adanya rencana itu, ia pun berharap para kreator muda di Kota Malang dapat lebih semangat lagi berkarya dan mengharumkan nama Kota Malang. 

Baca Juga : Jamin Nasib Tenaga Kerja, Disnaker-PMTSP Kota Malang Ajukan Skema Jaring Sosial

Selain itu, hasil karyanya bisa diterima oleh masyarakat di dalam dan luar negeri. Karena rencana pembangunan itu memang ditargetkan tepat sasaran.

"Di Jl. Bantaran itu Rumah Kreatif milik teman-teman MCF dan lahannya sewa. Maka kami menilai Kota Malang perlu memiliki sendiri karena Malang juga menuju samrt city," imbuhnya.

Bukan hanya sekadar sebagai wadah untuk menampung kreativitas anak muda di Kota Malang, Rumah Kreatif itu menurutnya juga akan dijadikan sebagai salah satu destinasi wosata sekaligus tempat belajar (edukasi) bagi masyarakat yang ingin mengenal lebih dekat tentang indistri kreatif. 

Setidaknya, nanti akan diwujudkan ruang pamer khusus untuk memanjakan wisatawan.

"Nanti juga akan ada produk industri kreatif yang akan dipamerkan. Harapannya bisa memancing terjadinya transaksi. Tapi Rumah Kreatif didesain bukan sebagai tempat bertransaksi dan jual beli," pungkas pria ramah itu.

 

Topik
Rumah Kreatif Kota MalangGedung Eks PDAM Kota MalangWadah Industri KreatifSarana Industri Kreatif Kota MalangDinas Perindustrian Kota MalangPemkot MalangDinas Perindustrian (Disperin) Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru