Siapkan Rp 1 Miliar Untuk Taman Konservasi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu Arief As Siddiq. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu Arief As Siddiq. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Berupaya agar sumber-sumber di Kota Batu tidak punah, Pemkot Batu menempuh beberapa langkah. Rencananya tahun 2019 mendatang bakal membuat taman konservasi (pelestarian dan perlindungan). 

“Dengan menggunakan Anggaran Perubahan dan Belanja Daerah (APBD) 2019, kami akan eksplore di pedestrian. Kami akan meningkatkan taman konservasi, kami akan coba bangun taman konservasi di kecamatan bumiaji,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu Arief As Siddiq. 

Fungsinya atau tujuan dari dibuatnya taman konservasi ini adalah selain untuk konservasi sumber air, nanti juga sebagai arena refleksi. Mulai dari taman bermain yang ramah lingkungan untuk anak-anak.

Rencananya akan berdiri di atas tanah Pemkot, yang letaknya berada di Jl Raya Punten Desa Punten Kecamatan Bumiaji atau tepat berada di depan Hotel Purnama. “Di sana ada lahan Pemkot yang kosong sehingga kami berupaya orientasi ke taman konservasi. Kita manfaatkan dengan maksimal melihat di sana juga ada sumber mata air,” ungkapnya. 

Di atas lahan Pemkot yang kosong itu akan dikembangkan konsep taman konservasi dengan beragam fungsi dan fasilitasnya. Ditambah dengan banyaknya pepohonan dan mengakomodir anak-anak bermain.  “Dan orang-orang bisa refleksi juga di sana,” ujar mantan Camat Batu. 

Menurutnya untuk menciptakan taman konservasi ini lanjut Arief, anggaran yang dikucurkan kurang lebih Rp 1 miliar. Hingga saat ini Pemkot Batu sudah melakukan pengkajian untuk taman konservasi tersebut.

“Anggarannya kurang lebih Rp 1 miliar berapa gitu. Dan sudah masuk tahap pengkajian ini,” ungkap Arief.  

Dengan dibuatnya taman konservasi kedepannya sebagai wujud perlindungan jangka panjang terhadap lingkungan. Lalu agar ruang yang tidak terurus menjadi indah dipandang mata dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

“Berupaya memberikan setiap sudut-sudut Kota Batu ini lebih cantik dan ada manfaatnya. Apalagi di sana itu jadi tempat wisataw,” imbuhnya.

Sedang konsep taman konservasi ini merupakan hal pertama yang coba aakn dikembangkan oleh Pemkot Batu. Lainnya di Kota Batu ini sudah memiliki beragam ruang taman yang disuguhkan kepada masyarakat. Dengan beragam fasilitas olahraga dan permainan untuk anak. 

 

 

Editor : A Yahya
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top