Kabar Gembira, Pemkab Malang Siapkan 10 Ribu Sapi dan Gagasan Budidaya Ikan Lele untuk Para Veteran

Wakil Bupati (Wabub) Malang H M Sanusi saat memimpin jalannya upacara peringatan hari nasional di halaman Kantor Bupati Malang, Kecamatan Kepanjen (Foto : Humas Pemkab Malang for MalangTIMES)
Wakil Bupati (Wabub) Malang H M Sanusi saat memimpin jalannya upacara peringatan hari nasional di halaman Kantor Bupati Malang, Kecamatan Kepanjen (Foto : Humas Pemkab Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Angin segar berhembus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Hal ini menyusul gagasan dari para tokoh elite, terkait upaya menjamin kesejahteraan bagi para veteran.

Hingga kini, beberapa pejabat tengah menggodok berbagai program guna meningkatkan kesejahteraan bagi para veteran tersebut, Sabtu (10/11/2018).

Ditemui seusai memimpin serangkaian acara hari nasional, yang digelar di halaman Kantor Bupati Malang, Sabtu (10/11/2018).

Wakil Bupati (Wabub) Malang, H M Sanusi menuturkan setidaknya ada dua gagasan yang sedang diperjuangkan bagi para veretan.

Salah satunya yaitu terkait peluncuran gagasan ternak lele. “Program tersebut sudah masuk pembahasan, sedangkan biaya yang digunakan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dimana dari kucuran dana itu, bakal dialokasikan untuk pembuatan kolam dan pakan untuk bibit lele,” terang Sanusi.

Sanusi menambahkan, jika tujuan utama dari program tersebut, adalah untuk memberikan pelayanan kepada anggota veteran yang ada di Kabupaten Malang.

Hingga saat ini, pihaknya sudah menginstruksikan kepada beberapa staf dan karyawan Pemkab Malang, untuk melakukan pendataan.

Beberapa personel yang dikerahkan, sudah disebar ke berbagai Kecamatan guna mendata siapa saja yang berkenan terhadap gagasan yang sedang dirancang itu.

“Mereka (veteran) biar tidak jenuh menjalani masa tuanya, kami berharap dengan adanya upaya ini bisa menjadi kegiatan bagi mereka dan tentunya dapat menghasilkan pendapatan tambahan,” imbuh Sanusi.

Selain ternak lele, gagasan yang sedang dibahas juga mengupayakan terkait budidaya sapi pedaging. Namun berbeda dengan program sebelumnya, pada trobosan ternak sapi, sumber dana yang digunakan berasal dari pinjaman bank.

“Bunganya rendah, hanya sekitar 7 persen. Saya rasa dengan bunga segitu tidak terlalu memberatkan veteran,” jelas Sanusi.

Pada progam ternak sapi ini, sedikitnya bakal disediakan 10 ribu ekor sapi pada pilot project pengadaannya. Dimana, dari jumlah ketersediaan itu, bakal didistribusikan ke 10 Kecamatan yang terdapat di Kabupaten Malang.

“Bagi veteran yang berminat, tinggal berkoordinasi dengan Kades atau ke Kecamatan setempat. Terkait pendanaan secara mandiri, nanti akan segera diurus,” tutup Sanusi.

Editor : Heryanto

Editor : Heryanto
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top