Wakil Bupati Malang Sanusi : Indonesia Butuh Pahlawan Baru

Wakil Bupati (Wabub) Malang, H Muhammad Sanusi (nomor empat dari kiri) saat memperingati serangkaian hari pahlawan dengan menabur bunga di makam pahlawan bersama tamu undangan, Kabupaten Malang (Foto : Humas Polres Malang for MalangTIMES)
Wakil Bupati (Wabub) Malang, H Muhammad Sanusi (nomor empat dari kiri) saat memperingati serangkaian hari pahlawan dengan menabur bunga di makam pahlawan bersama tamu undangan, Kabupaten Malang (Foto : Humas Polres Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sosok pahlawan pasti ada pada setiap periode, dan senantiasa berjuang pada era-nya masing-masing. Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabub) Malang, H M Sanusi.

Untuk itu, pihaknya menegaskan jika pada saat ini, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru. “Pahlawan yang dimaksud yakni, sosok yang memiliki dedikasi tinggi dan menorehkan prestasi guna kemajuan bangsa,” tegas Sanusi saat peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Bupati Malang, Jalan Panji Kecamatan Kepanjen, Sabtu (10/11/2018).

Sanusi juga menekankan kepada generasi penerus bangsa, jika sudah sepantasnya seorang pemuda dan pemudi memiliki rasa patriotisme, pantang menyerah, serta disiplin. Selain itu, penguasaan ilmu sesuai kemampuan pada berbagai bidang masing-masing, juga mengambil peran penting akan perkembangan negara Indonesia. “Bangsa ini memerlukan generasi penerus yang teguh pada jati dirinya, serta memiliki karekter lokal yang luhur. Dengan demikian para pemuda akan peka terhadap lingkungan sosial, dan bersedia membantu kepada sesama yang membutuhkan,” imbuhnya.

Sanusi juga sempat menyinggung terkait perkembangan teknologi yang semakin pesat. Menurutnya, sosok pemuda yang memiliki pandangan secara gelobal, akan senantiasa memandang perkembangan teknologi sebagai tantangan bukan sebagai kelemahan. “Jika ingin bersaing dengan negera lain, maka kita harus berkolaborasi dalam menghadapi tantangan dalam bidang teknologi. Sebab kedepan merupakan era revolusi industry empat titik nol (4.0),” sambung Sanusi.

Dia juga menambahkan, akan arti pentingnya menghargai perbedaan yang ada di bangsa Indonesia. Pihaknya mengaku prihatin, jika perbedaan yang harusnya saling bersinergi, justru dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi atau golongan, yang justru dapat berdampak pada perpecahan. “Toleransi dalam menjaga persatuan dan kesatuan itu penting, semoga semanggat pahlawan senantiasa mengiringi setiap langkah kita,” kata Sanusi.

Sementara itu, pada agenda kali ini ratusan tamu undangan nampak khidmat menjalani serangkaian acara peringatan hari pahlawan. Mulai dari ratusan perwakilan TNI-Polri, Satpol PP, perwakilan Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD), serta berbagai instansi terkait di Kabupaten Malang, dan mahasiswa hingga pelajar, turut mengikuti agenda kali ini.

Setelah upacara selesai, Wabup bersama jajaran Forkopinda dan sejumlah OPD melanjutkan agenda peringatan hari pahlawan, dengan tabur bunga di Makam pahlawan, yang berlokasi di Kecamatan Kepanjen. Beberapa tamu undangan mulai dari Kapolres Malang, Dandim 0818 Kabupaten Malang/Kota Batu, Kabag Ops Lanal Abdurahman Saleh, Kepala Kejaksaan Kabupaten Malang, Kepala Pengadilan Negeri Kepanjen, serta berbagai instansi terkait, juga terlibat pada acara tabur bunga tersebut.

Terpisah, saat dijumpai seusai acara, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung menekankan, terkait pentingnya meneladani semangat nasionalisme kepada para pahlawan yang telah gugur. Menurutnya, wujud cinta kepada tanah air, salah satunya yaitu dengan cara menjaga kerukunan antar sesama. “Jalin persatuan dan kesatuan agar bangsa ini tetap besar dan semakin maju,” pungkasnya.

Editor : A Yahya
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top