Ciptakan Kota Malang Bersih dan Sehat, DLH Aktif Lakukan Jumat Bersih

Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang aktif lakukan program Jumat Bersih dengan membersihkan beberapa kawasan, termasuk sungai, gorong-gorong, dan jembatan untuk menciptakan Kota Malang yang cantik dan sehat (DLH for MalangTIMES).
Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang aktif lakukan program Jumat Bersih dengan membersihkan beberapa kawasan, termasuk sungai, gorong-gorong, dan jembatan untuk menciptakan Kota Malang yang cantik dan sehat (DLH for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Dalam rangka menciptakan Kota Malang yang bersih dan sehat, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang masih terus aktif melakukan aksi Jumat Bersih. Menyusuri berbagai titik kota, aksi yang juga melibatkan masyarakat itu terbukti berhasil menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan indah.

Kini, beberapa titik kota yang selalu identik dengan kata kumuh dan kotor pun sedikit demi sedikit mulai ditepis. Beberapa jembatan yang dulunya dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah kini lebih bersih dan cantik. Masyarakat yang turut dilibatkan dalam agenda Jumat Bersih pun semakin menyadari arti penting menjaga lingkungan mereka agar lebih bersih dan sedap dipandang.

 

Program Jumat Bersih ini memang selalu menyasar beberapa titik seperti sungai, jembatan, dan lingkungan masyarakat. Jalan-jalan protokoler yang sering dilewati dan banyak dimanfaatkan untuk membuang sampah kini kembali dibersihkan. Jembatan-jembatam mulai steril dari sampah, dan semakin sedikit masyarakat yang membuang sampah di sungai ataupun di atas jembatan.

"Jumat kemarin, kami menggelar Jumat Bersih di Simpang Panji Suroso, samping Terminal Arjosari atau depan kantor Kejari," kata Kepala DLH Kota Malang Agus Edi Putranto pada MalangTIMES.

 

Kegiatan Jumat Bersih itu pun masih akan terus diselenggarakan, terutama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti penting menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Selain itu juga menghilangkan kebiasaan masyarakat untuk membuang sampah di sungai dan saluran air yang berada di lingkungan perumahan dan lain sebagainya.

Kegiatan yang dilakukan dalam Jumat Bersih itu sendiri antara lain memungut dan membersihkan sampah, memotong dan mencabut rumput, menyapu dan membersihkan sungai atau saluran terbuka dan jalan. Sampah yang berhasil dikumpulkan pun berikutnya diangkut menggunakan truk untuk diolah di TPA Supit Urang.

 

Kegiatan yang juga untuk mendukung program kerja 99 hari Wali Kota Malang dan Wakil Wali Kota Malang itu pun selalu melibatkan berbagai kalangan. Bukan hanya pekerjaan di lingkungan DLH, melainkan juga komunitas peduli lingkungan, kader lingkungan, dan masyarakat sekitar lokasi dilaksanakannya kegiatan.

Agus pun kembali mengingatkan agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai atau jembatan. Karena kini, beberapa titik jembatan di Kota Malang hampir semua dipasang CCTV. Ketika ketahuan membuang sampah sembarangan di jembatan atau ke sungai, maka akan diberikan sanksi berupa denda.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top