Dinkes Sediakan 3 Ambulans Gratis bagi Masyarakat Kota Malang

Ambulans gratis Dinas Kesehatan (Foto: Imarotul Izzah/Malang Times)
Ambulans gratis Dinas Kesehatan (Foto: Imarotul Izzah/Malang Times)

MALANGTIMES - Tahukah Anda Kota Malang memiliki ambulans yang disediakan gratis oleh Dinas Kesehatan Kota Malang? Nah, ambulans tersebut kini berjumlah 3 ambulans. Tentu saja ambulans-ambulans tersebut bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja dan kapan saja.

Layanan jasa ambulans gratis ini disebut Public Safety Center (PSC) 119. Sebelumnya, PSC dibentuk karena adanya sekelompok relawan yang menjalankan 2 ambulans bekas dari Dinas Kesehatan.

"Sebenarnya dulunya ambulans itu hanya berjumlah 2 saja dan itu merupakan ambulans bekas yang dipoles lagi dan digerakkan oleh para relawan," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Eko Dyah F, SH., MM.

Kemudian Dinas Kesehatan merangkul mereka, membiayai, dan memfasilitasinya. Selanjutnya, Dinas Kesehatan menambahkan 1 ambulans baru. Dan rencananya nanti akan ditambah 1 ambulans baru lagi.

"PAK ini kita usulkan untuk penambahan ambulans lagi," imbuh Eko.

Hal ini dikarenakan ambulans-ambulans tersebut ternyata banyak mendatangkan manfaat, terlebih bagi orang yang tidak mampu. Selama 24 jam, para petugas sigap apabila ada panggilan. Entah itu kecelakaan atau orang sakit.

"Karena di mobil ambulansnya itu kita kasih nomor telepon yang bisa dihubungi. Terbuka untuk siapa saja dan gratis," ujar Eko.

Lebih lanjut Eko menjelaskan bahwa para petugas ambulans rutin diberikan pelatihan-pelatihan. Misalnya, pelatihan kegawatdaruratan yang sangat diperlukan karena petugas tidak boleh asal angkut pasien. Jadi, mereka sudah berkompeten di bidangnya. Untuk diketahui, PSC memiliki posko di UPT PPKO (Pusat Pelayanan Kesehatan Olahraga).

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :
Sumber : Malang TIMES (JatimTimesNetwork)

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top