Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Cukup Klik, Proses Kenaikan Pangkat Guru di Kota Malang Cukup 5 Menit

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Lazuardi Firdaus

08 - Nov - 2018, 13:35

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang Dra Zubaidah MM saat membuka kegiatan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan di Hotel Ollino Garden Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang Dra Zubaidah MM saat membuka kegiatan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan di Hotel Ollino Garden Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang terus berupaya memaksimalkan teknologi informasi untuk menunjang kinerja jajarannya. Termasuk memfasilitasi kemudahan administratif agar guru-guru tidak buang-buang waktu mengurus kenaikan pangkat dan gaji berkala. 

Baca Juga : Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19 Mulai Disalurkan, Pemkot Malang Buat Skema Baru

Salah satunya, dengan optimalisasi perangkat Sistem Informasi Manajemen Aparatur Sipil Negara (SIMAS) Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Hari ini (8/11/2018) Disdik Kota Malang menggelar Pembinaan dan Pengembangan Karir Pendidik dan Tenaga Kependidikan melalui Sosialisasi Peningkatan Karir Berbasis Online. 

Berlangsung di Hotel Ollino Garden Kota Malang, acara yang melibatkan sekitar 380 peserta itu dibuka langsung oleh Kepala Disdik Kota Malang Dra Zubaidah MM. Dalam sambutannya, Zubaidah mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut untuk mencapai standar pendidikan 4M yakni Mudah, Murah, Merata dan berbasis Mutu. 

"Hari ini kami kumpulkan semua yang terkait kepegawaian, baik pendidik maupun tenaga kependidikan yang terkait dengan SIMAS," terangnya. Penggunaan sistem tersebut, diharapkan dapat membuat proses administrasi di sekolah bisa cepat dan mudah. Juga murah karena tidak menghemat biaya operasional. 

 

Teknologi yang bisa diakses di seluruh penjuru Kota Malang juga bisa meningkatkan pemerataan. Ditambah lagi, pengurangan waktu membuat guru bisa lebih fokus menjalankan tupoksinya sehingga kualitas pendidikan bisa semakin bermutu. "Agar nggak ada keluhan lagi. Misalnya guru waktunya kenaikan pangkat dan gaji berkala. Tidak lagi harus mondar-mandir minta data, begitu klik bisa keluar datanya," urai Ida, sapaan akrabnya.

Perempuan yang berhasil mengantar Kota Malang menduduki peringkat 1 UNBK SMP se Jawa Timur pada 2018 itu menambahkan, nantinya guru atau pegawai cukup menyerahkan data untuk diupload ke admin sekolah. "Tinggal klik ubah data, setelah itu berkasnya dicetak dan dikirim ke kantor dinas. Dicek sudah lengkap bisa langsung saya tanda tangani. Nggak sampai lima menit sudah selesai," urainya. 

 

Dia juga berpesan pada seluruh peserta agar kegiatan pembinaan tersebut dimaksimalkan. "Pulang dari sini harus sudah bisa langsung diterapkan di sekolah. Jangan hanya datang untuk menggugurkan kewajiban dan melaksanakan surat tugas," imbaunya.

Baca Juga : Pemda yang Tidak Alokasikan Dana untuk Penanganan Covid-19 Akan Kena Sanksi

Sementara itu, Kabid Pembinaan PPK Disdik Kota Malang Dra Sri Sutrisnawati MPd menambahkan, optimalisasi sistem kependidikan sangat dibutuhkan di era industri 4.0 ini. "Peningkatan karir secara periodik juga butuh penyesuaian berbasis online yang mudah diakses kapan pun. Disdik melaksanakan kegiatan melalui SIMAS melalui arahan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang," urainya.

Dia menuturkan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah agar pendidik dan tenaga kependidikan punya kemampuan pemutakhiran data melalui SIMAS. Hal itu untuk mendapatkan layanan penembangan karir secara online. "Mereka punya profil kepegawaian yang bisa diakses online, baik Disdik maupun BKD. Sehingga tepat waktu, efektif dan efisien," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan berita-malang Kenaikan-Pangkat-Guru Dinas-Pendidikan-Kota-Malang Pemerintah-Kota-Malang Badan-Kepegawaian-Daerah


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Lazuardi Firdaus