Contoh Kota Malang, Negara Rusia pun Serius Menggarap Wisata Halal

Kudapan halal yang ditawarkan di berbagai kedai di Rusia sebagai salah satu destinasi wisata halal (Mushadi Iksan for MalangTIMES).
Kudapan halal yang ditawarkan di berbagai kedai di Rusia sebagai salah satu destinasi wisata halal (Mushadi Iksan for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Wisata halal kini tengah banyak digandrungi oleh wisatawan diberbagai penjuru dunia. 

Bukan hanya destinasi lokal seperti Malang dan Lombok saja yang mulai aktif menawarkan paket tour wisata halal. 

Berbagai negara di dunia pun kini mulai menyasar wisatawan Indonesia. Salah satunya Rusia, yang penduduk terbesar ke duanya memang muslim.

Indonesia Representative, Mushadi Iksan menyampaikan, ada banyak paket wisata yang saat ini mulai ditawarkan di Indonesia. 

Berbagai agen yang menawarkan destinasi wisata halal pun kini mulai banyak mendapat perhatian dari wisatawan asal Indonesia. Termasuk melalui promosi yang dilakukan secara online maupun offline.

"Karena di Rusia sendiri juga banyak bangunan bersejarah yang berkaitan dengan Islam. Demikian juga makanan halal, sangat tudak sulit untuk didapatkan di sana," katanya pada MalangTIMES, Rabu (7/11/2018).

Berdasarkan data Kedutaan Besar Rusia yang ada di Indonesia, sepanjang Agustus 2017 saja telah diterbitkan seribu visa Rusia untuk orang Indonesia. 

Angka itu menunjukkan jika jumlah wisatawan yang pergi ke Rusia dari Indonesia lumayan besar, dan mungkin saja akan terus bertambah.

"Saat ini saya belum tahu persis jumlahnya, tapi visa yang diterbitkan di Agustus 2017 ada 1.000," jelasnya.

Dia menjelaskan, promosi untuk paket wisata halal Rusia juga semakin gencar dilakukan. 

Supermarket yang juga sediakan makanan halal di Rusia

 

Terutama semenjak ada penerbangan langsung dari Denpasar menuju Moscow sebanyak tiga kali dalam satu minggu. 

Selain itu, ada Festival Indonesia di Moscow serta banyak tour leader di Jakarta yang menyelenggarakan tour ke Rusia. Baik yang sifatnya premium ataupun backpacker.

"Apalagi sekarang, kalau beruntung bisa dapat tiket Rp 5 dampai 6 Juta pulang pergi dari Jakarta menuju Moscow," imbuhnya.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim yang banyak, menurutnya Rusia tidak hanya menawarkan tempat bersejarah yang berkaitan dengan perjalanan Islam. Melainkan juga sudah menyuguhkan berbagai makanan halal. 

Menariknya lagi, sudah ada supermarket, rumah makan mewah, hingga tempat makan di pinggir jalan yang menjual makanan asal Indonesia.

Seperti nasi padang hingga martabak dapat ditemui di sana.

"Termasuk daging dan lain sebagainya, itu sudah berlebel halal, dan ri supermarket tempatnya selaku dipisah dengan yang tidak berlebel halal," imbuhnya lagi.

Pria yang juga sempat mengajar di Rusia selama beberapa tahun itu menjelaskan, ada banyak destinasi wisata yang disuguhkan dalam paket wisata halal itu. 

Di antaranya Kremlin dengan keindahan lapangan merahnya saat berkunjung ke Moscow. 

Kemudian juga terdapat Masjid Katedral yang merupakan masjid terbesar di Rusia dan terbesar ke dua di Eropa. 

Masjid yang menyimpan rambut Nabi Muhammada SAW itu pun masih menjadi daya tarik paling besar saat ini.

"Kemudian dii St. Petersburg ada museum seni terbesar di dunia dan Istana Tsar Russia namanya Peterhop, dari sini bisa menyeberang ke Finland," pungkas pria asal Surabaya itu.

Editor : Heryanto
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top