Penurunan durian sebanyak 3 ton dari pesawat Sriwijaya Air di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu. (Ist)
Penurunan durian sebanyak 3 ton dari pesawat Sriwijaya Air di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu. (Ist)

MALANGTIMES - Penumpang Sriwijaya Air SJ-091 rute penerbangan Bengkulu-Jakarta memaksa untuk turun dari pesawat. Setelah mereka mencium bau durian menyengat dalam pesawat. Mereka bahkan sempat berdebat dan hampir adu pukul dengan petugas dikarenakan pesawat akan take-off. 

Dari akun You Tube bernama Ini Dia Lo, kronologi kejadian yang membuat penumpang pesawat Sriwijaya Air memaksa turun terjadi tanggal 5 November 2018. Seperti terlihat di caption video yang diunggahnya di chanel You Tube. 

Dalam caption tersebut dituliskan kejadian dan percakapan antara pengunggah video dengan seorang petugas. Seperti di bawah ini:

Video lainnya juga beredar di grup WhatsApp (WA)  secara berantai. Dalam video tersebut terlihat para penumpang keluar dari pesawat. Dari video tersebut, terdengar juga percakapan dua orang perempuan. Satu perempuan berbicara  bahwa pernah ada kecelakaan pesawat yang membuat gubernur Medan mati karena pesawat membawa durian. 
"Kalau cuma satu durian, nggak apa-apa bu, ini 3 ton bu. Bawa durian 3 ton, semua penumpang turun, kami terpaksa menunggu lagi, di atas panas banget," ucap seorang ibu dalam video tersebut.

Peristiwa tragedi yang disampaikan oleh seorang penumpang bersuara logat Medan tersebut mengacu pada pesawat Mandala Airlines RI 091 yang jatuh, meledak dan terbakar di Medan tahun 2005. Dimana bau durian tercium setelah pesawat mengalami kecelakaan. 

Dikutip dari DetikNews diduga, ada dua ton durian yang dibawa pesawat itu. Hal ini dibenarkan juga oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Namun membantah karena durian tersebut yang menyebabkan pesawat overload sebagai penyebab kecelakaan. 

Kejadian inilah yang akhirnya membuat penumpang pesawat Sriwijaya Air memaksa turun dari pesawat serta meminta petugas untuk menurunkan durian yang diduga sebanyak 3 ton dari pesawat. 
Walau sempat terjadi debat, akhirnya petugas pun mengeluarkan durian sebanyak 3 ton tersebut. Sehingga jadual penerbangan mengalami penundaan sekitar 1 jam. (*)