Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Bung Edi Serahkan Piala Adinata Mandrakanta dari Barenlitbang Kota Malang

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Heryanto

05 - Nov - 2018, 19:18

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (mengenakan topi hitam) saat menyerahkan piala penghargaan kinerja di Balaikota Malang. (Foto: Barenlitbang Kota Malang for MalangTIMES)
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (mengenakan topi hitam) saat menyerahkan piala penghargaan kinerja di Balaikota Malang. (Foto: Barenlitbang Kota Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Evaluasi kinerja terus dilakukan secara berkala oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. 

Untuk memacu giat jajaran organisasi perangkat daerah (OPD), tiap tiga bulan pemkot menganugerahkan Piala Adinata Mandrakanta. 

Baca Juga : Musrenbang RKPD via Teleconference, Ini Target Kota Malang 2021

Penghargaan yang digagas oleh Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang itu diharapkan dapat menjadi salah satu pendorong semangat kerja.

Apresiasi diberikan pada tiga OPD dengan kinerja terbaik.

Hari ini (5/11/2018) piala tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko. 

Tiga OPD yang mendapatkan piala yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) sebagai terbaik I, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) sebagai terbaik II, serta Dinas Perindustrian (Disperin) sebagai terbaik III. 

Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Bung Edi itu menyampaikan jika evaluasi hasil rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) merupakan amanat Permendagri No 86 Tahun 2017.

 Khususnya, pasal 305 yang mengharuskan evaluasi dilaksanakan setiap triwulan dengan menggunakan hasil evaluasi renja (rencana kerja) perangkat daerah. 

"Hasil evaluasi kinerja ini juga tidak berhenti di daerah, tetapi harus disampaikan kepada Gubernur melalui Kepala Bappeda Provinsi," tegasnya. 

Untuk itu, Bung Edi meminta seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkot Malang untuk sungguh-sungguh dalam mempelajari, memahami dan menindaklanjuti tata cara pengisian perangkat evaluasi itu. 

Acara penganugerahan Piala Adinata Mandrakanta setiap triwulan, menurut Edi merupakan program positif yang patut dilanjutkan.

Baca Juga : Layanan Online Rasa Manual, Dispendukcapil Kota Malang Kembali Dikeluhkan

 "Ini merupakan salah satu langkah motivasi dan evaluasi agar dapat meningkatkan peran serta perangkat daerah di lingkungan Kota Malang. Tentunya agar semakin baik dan semakin aktif dalam proses pengisian dan pengumpulan Evaluasi Hasil Rencana Kerja," tegasnya.  

Kepala Barenlitbang Kota Malang Erik Setyo Santoso menambahkan, penghargaan bernama Adinata Mandrakanta diambil dari bahasa Sansekerta. Yang artinya, paling unggul dalam kemajuan bertahap. 

"Ini diharapkan, dapat meningkatkan peran serta perangkat daerah agar semakin baik dan semakin aktif dalam proses pengisian dan pengumpulan evaluasi hasil rencana kerja," terangnya.

Beberapa kriteria penilaian yang dilakukan, lanjutnya, yakni ketepatan waktu dalam mengumpulkan hasil evaluasi. 

Kedua, kesesuaian dalam mengisi formulir evaluasi rencana kerja. Juga terkait output program serta realisasi pelaksanaan anggaran.

 


Topik

Pemerintahan Wakil-Wali-Kota-Malang Sofyan-Edi-Jarwoko Piala-Adinata-Mandrakanta Barenlitbang-Kota-Malang pemkot-malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Heryanto