Kasat Reskoba Polres Malang Kota AKP Syamsul Hidayat (baju putih).(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kasat Reskoba Polres Malang Kota AKP Syamsul Hidayat (baju putih).(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dalam waktu dua hari, Polres Malang Kota berhasil menciduk tiga pengedar dan pemakai narkoba berjenis cannabis (ganja). Tiga pemadat ganja tersebut diamankan mulai 30  hingga 31 Oktober 2018.

Baca Juga : Napi Asimilasi yang Kembali Berulah Siap-Siap Tempati Sel Pengasingan

Pengungkapan kasus ini bermula dari pemuda 20 tahun berinisial RA, warga Wagir, Kabupaten Malang, yang berhasil diciduk petugas saat berada di Jalan Sanan Gang III, Blimbing, Kota Malang, Selasa (30/10/2018).

Awal penangkapan RA, sebelumnya petugas mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa RA sering mengedarkan narkoba di kawasan Blimbing.  Setelah itu, petugas melakukan penyelidikan cukup lama dan menjadikaj RA sebagai target operasi (TO).

Baru ketika didapati informasi RA berada di kawasan Kota Malang, ia langsung dibekuk. "Saat ditangkap dan digeledah, ditemukan ganja yang dibungkus dengan kertas warna kuning seberat 1,25 gram," jelas Kasat Reskoba Pores Malang Kota AKP Syamsul Hidayat (3/11/2018).

Setelah diperiksa lebih lanjut, pelaku mengaku mendapatkan barang tersebut dari seseorang berinisial AA (33) yang merupakan rekan kerja RA.

Tak menunggu lama, petugas pun langsung  melakukan pengembangan dari keterangan RA. Petugas  berhasil membekuk AA tak lama setelah RA diinterogasi.

"Kemudian AA juga diperiksa dari mana mendapatkan barang bukti tersebut. Dia mengaku dapat dari seseorang berinisial AJ (31)," beber AKP Syamsul.

Baca Juga : Warning Polisi, Napi Pelanggar Aturan Asimilasi Bakal Dapat Tindakan Tegas dan Terukur

Setelah itu, keseokan harinya, polisi langsung memburu AJ di rumahnya di kawasan Sawojajar. Saat itu petuugas mendapati informasi AJ sedang berada di depan sebuah minimarket Jalan Danau Sentani, Sawojajar.

Dari saku celana AJ, polisi menemukan ganja yang disimpan  dalam sebuah bungkus rokok. Ganja yang dibawa AJ seberat 2,25 gram.

Ketiga pelaku sampai saat ini (4/11/2018) masih diamankan di sel Polres Malang Kota. Pengembangan lebih lanjut masih dilakukan petugas untuk mengetahui siapa bandar besar yang memasok barang kepada 
mereka.

"Mereka terancam Pasal 111 Ayat 1 dan 114 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal empat tahun penjara dan maksimal 12 tahun penjara," pungkas AKP Syamsul. (*)