Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Banyak Sampah di Saluran Drainase, Kepala DPUPR : Perilaku Masyarakat Jadi Penentu Kualitas Lingkungan

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Lazuardi Firdaus

03 - Nov - 2018, 15:08

Satgas DPUPR saat membersihkan  saluran drainase di kawasan Lowokwaru (foto: DPUPR for MalangTIMES)
Satgas DPUPR saat membersihkan saluran drainase di kawasan Lowokwaru (foto: DPUPR for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Antisipasi banjir jelang musim hujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang terus melakukan pembersihan selokan (drainase) di seluruh kawasan Kota Malang dari tumpukan sampah.

Baca Juga : Warga Terdampak Covid-19 di Kabupaten Malang, Bakal Dapat Pasokan Makanan Dapur Keliling

Banyak dari saluran air yang selama ini dibongkar oleh Satgas Drainase DPUPR Kota Malang, ditemukan beragam jenis sampah mulai dari plastik, botol, kayu, popok bayi bahkan hingga kasur ditemukan di saluran drainase.

“Perilaku masyarakat, pada akhirnya menjadi penentu kualitas lingkungan. Sebaik apa pun, sarana dan prasarana yang ada, apabila tidak ditopang dari perilaku ramah dan kepedulian kita terhadap lingkungan, ya percuma pasti berdampak negatif, dan akan menimbulkan musibah,” ujar Ir. Hadi Santoso, Kepala DPUPR Kota Malang di kantornya.

Upaya yang dilakukan Satgas Drainase DPUPR selama ini tak hanya merespon keluhan-keluhan masyarakat yang dilaporkan melalui media sosial, namun setiap hari Satgas selalu mobile melakukan pemantauan.

Kepala DPUPR kota Malang,  Hadi Santoso (DPUPR)

 

Sebelumnya, DPUPR juga telah merespon  keluhan masyarakat di media sosial di wilayah Candipanggung Kecamatan Lowokwaru. Di sana memang didapati saluran yang penuh dengan sampah dan banyak tumbuhan liar, sehingga krossing ke arah timur tersumbat total yang berdampak pada kualitas fungsi saluran.

Baca Juga : Dinsos-P3AP2KB Salurkan Bantuan bagi 1.666 Warga Miskin

“Pembersihan dan normalisasi telah kita lakukan beberapa hari kemarin sampai ke saluran arah barat. Dan kesadaran masyarakat untuk ikut menjaga bersama lingkungan sekitar mereka memang sangat diperlukan,” tambah Soni, panggilan akrab Kepala DPUPR Kota Malang ini.

Karenanya, ia sekali lagi mengimbau agar masyarakat bisa ikut bersama menggalakkan kegiatan bersih lingkungan setiap Minggu. Sebab hal tentu bukan saja untuk kepentingan mereka sendiri, namun untuk kepentingan bersama. 


Topik

Pemerintahan berita-malang Banyak-Sampah Saluran-Drainas Dinas-Pekerjaan-Umum-dan-Penataan-Ruang Antisipasi-banjir


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Lazuardi Firdaus