Garap Kurikulum Pendidikan Karakter, Wali Kota Sutiaji Libatkan Perguruan Tinggi Se-Kota Malang

Sutiaji saat diwawancarai wartawan (foto: Imarotul Izzah/Malang Times)
Sutiaji saat diwawancarai wartawan (foto: Imarotul Izzah/Malang Times)

MALANGTIMES - Kurikulum pendidikan untuk kelas 1 dan 2 SD akan digarap secara serius. Bahkan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dari seluruh perguruan tinggi di Kota Malang akan turut serta menyusun kurikulum pendidikan karakter bersama dengan Dinas Pendidikan dan Dewan Pendidikan. Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Malang Sutiaji beberapa waktu lalu.

"Saya sudah minta kepada bu Zubaidah dengan Dewan Pendidikan Kota Malang, serta mengajak kepada FKIP dari semua perguruan tinggi untuk membidangi bagaimana kurikulum anak kelas satu dan dua khusus berkaitan dengan budi pekerti," ungkapnya saat ditemui di Gedung Dinas Pendidikan.

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa dalam penyusunan kurikulum tersebut harus ada sosiolog, psikolog, serta pakar-pakar lain yang berkaitan dengan kurikulum teknologi pendidikan.

"Kenapa harus sosiolog? Karena bisa komunikasi antaranak. Kenapa psikolog? Karena karakter anak kelas sekian itu perkembangan psikologinya gimana," paparnya.

Yang dipelajari anak sendiri berkaitan dengan bagaimana bergaul dengan sesamanya, bagaimana menghormati antara satu dengan yang lainnya, tidak mengambil yang bukan hak miliknya, gotong royong, dan bagaimana cara bersopan santun terhadap orang tua, dan seterusnya.

Harapannya, pendidikan karakter yang digembleng dalam waktu yang relatif singkat itu dapat menjadi fondasi karakter anak hingga nanti dewasa. Sebab, daya motorik dan memori anak usia kelas 1 dan 2 masih kuat. Jadi apa yang dipelajari anak akan terpatri.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Dra. Zubaidah, MM menyatakan bahwa ia masih akan mengadakan Forum Group Discussion (FGD) dengan pihak-pihak terkait.

"Saya masih mau FGD dengan pakar-pakar pendidikan. Yang jelas pakar pendidikan yang ada di Kota Malang, utamanya yang pendidikan dasar," ungkapnya.

Editor : A Yahya
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top