Unggahan akun official Lion Air Group di Instagram terkait nomor informasi penumpang bagi keluarga korban di Instagram.
Unggahan akun official Lion Air Group di Instagram terkait nomor informasi penumpang bagi keluarga korban di Instagram.

MALANGTIMES - Maskapai penerbangan Lion Air Group langsung membuka sambungan langsung crisis center bagi para keluarga korban kecelakaan pesawat.

Pengumuman tersebut, salah satunya disampaikan melalui akun Instagram @lionairgroup yang mencantumkan dua nomor telepon yakni 021-80820000 dan 021-80820002 untuk informasi penumpang. 

Nomor tersebut diunggah sekitar pukul 12.00 WIB, hari ini (29/10/2018) dan langsung diserbu ratusan komentar dan sekitar 2.443 like pada 30 menit pertama setelah diposting.

Dalam keterangannya, Lion Air Group menjelaskan mengenai rute penerbangan hingga kapasitas pilot yang menjalankan pesawat.

"Penerbangan Lion Air nomor penenerbangan JT 610 dengan rute penerbangan Cengkareng menuju Pangkalpinang mengalami kecelakaan setelah Iepas Iandas dari Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta pukul 06:20 WIB menuju Pangkalpinang," tulisnya. 

Setelah 13 menit mengudara pesawat jatuh di koordinat S 5'49.052" E 107' 06.628” (sekitar Kerawang).

Pesawat mengangakut 178 penumpang dewasa, satu penumpang anak-anak dan dua penumpang bayi. Termasuk dalam penerbangan ini ada tiga pramugari sedang pelatihan dan satu teknisi. 

Pesawat dengan regitrasi PK-LQP jenis Boieng 737 MAX 8. Pesawat ini buatan 2018 dan baru dioperasikan oleh Lion Air sejak 15 Agustus 2018. Pesawat dinyatakan Iaik operasi. 

Pesawat dikomandoi Capt. Bhavye Sunej dengan copilot Harvino bersama enam awak kabin atas nama Shintia Melina, Citra Noivita Anggelia, Alviani Hidayatul Solikha, Damayanti Simarmata, Mery Yulianda, dan Deny Maula.

Kapten pilot sudah memiliki jam terbang lebih dari 6.000 jam terbang dan copilot telah mempunyai jam terbang lebih dari 5.000 jam terbang.

Lion Air sangat prihatin dengan kejadian ini dan akan berkerja sama dengan instansi terkait dan semua pihak sehubungan dengan kejadian ini.

Terkait dengan kejadian ini kami membuka pusat krisis di nomor telepon 021-80820000 dan untuk infomasi penumpang di nomor telepon 021-80820002.

"Kami akan terus memberikan informasi terbaru sesuai perkembangan lebih lanjut," pungkas pengumuman itu. 

"Keluarga kami salah satu penumpang pesawat tersebut. Mohon doanya (emoticon menangis)," tulis akun milih @prtw_dni.

Ungkapan duka dan doa juga mendominasi di kolom komentar unggahan tersebut.

"Indoavis Nusantara turut berduka atas jatuhnya pesawat Lion Air JT610. Semoga Tim BASARNAS dapat segera mengevakuasi korban. Kami berdoa untuk keajaiban. Aamiin," tulis akun @indoavis_id.

Akun milik @heroeox_official mengajak untuk warganet tidak saling menyalahkan dalam kecelakaan tersebut.

"Tak ada kata selain berdoa bersama mari teman-teman, kerabat, saudara, keluarga, komentaror, mari kita sama-sama mendoakan yang terbaik untuk semua awak dan penumpang di pesawat JT-610. Stop saling menyaIahkan. Saatnya kita berdoa bersama karena musibah tidak ada yang tahu," tulisnya.