Ketua DPC Partai Demokrat Kota Batu Hendra Angga Sonatha saat menyampaikan sambutan di Zam-Zam Hotel dan Convention, Minggu (28/10/2018). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Ketua DPC Partai Demokrat Kota Batu Hendra Angga Sonatha saat menyampaikan sambutan di Zam-Zam Hotel dan Convention, Minggu (28/10/2018). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Agar para calon legislatif (caleg) tidak menyalahi aturan saat masa kampanye hingga Maret 2019 mendatang, DPC Partai Demokrat Kota Batu melakukan konsolidasi partai dan bimbingan teknis calon legislatif DPRD Kota Batu tahun 2019. Acara berlangsung di Zam-Zam Hotel and Convention, Minggu (28/10/2018).

Bimbingan teknis itu diberikan kepada sejumlah 30 caleg yang tersebar di 4 daerah pemilihan di Kota Batu. Mulai dari memberikan pengetahuan terkait dengan regulasi penyelenggaraan Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk para caleg. “Sebab sebagian dari mereka masih ada yang belum begitu paham,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Kota Batu Hendra Angga Sonatha. 

Ada juga bekal agar caleg saat mencari suara jangan sampai melanggar atau menyalahi aturan. Kemudian juga terkait dengan pemasangan alat peraga kampanye (APK). 

“Bagaimana untuk menghindari money politics hingga mencari suara. Sebab, secara kepartaian ada caranya tersendiri. Sehingga jangan sampai menabrak aturan,” imbuhnya. 

Pertemuan juga membahas dana kampanye. Memang banyak dari para caleg ini belum mengetahui aturan. Karena itu juga, DPC Partai Demokrat Kota Batu turut mendatangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) untuk memberikan materi.

Materi yang diberikan terkait dengan aturan undang-undang pelaksanaan pileg 2019 dan sebagainya. Menurut Angga, sejak dimulainya kampanye bulan September 2018 lalu, 80 persen calegnya sudah mulai melakukan kampanye atau pendekatan diri dengan masyarakat. 

Mulai dari masuk pda pertemuan-pertemuan warga hingga masuk pada komunitas. “Ada juga teman-teman caleg masuk ke warung kopi. Jadi tiap malem itu keliling ngopi, ya itu cara gampang mengakrabkan untuk mengenalkan juga,” ujar warga Kelurahan Ngaglik ini.

Ia pun berharap dengan digelarnya bimtek ini, para caleg ini sudah memahi aturan-aturan yang berlaku dalam pileg tahun 2019 mendatang. Tentunya agar tidak terkena pelanggaran dan menjalankan kampanye sesuai dengan aturan.

Selain bimtek, partai nomor urut 14 itu juga melakukan konsolidasi partai dengan memberikan semangat dan motivasi mulai dari desa dan ranting. “Ya supaya semangat lagi menjalankan roda organisasi,” tambahnya.

Sedang partai yang berkantor di Jl Ikhwan Hadi, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu itu memiliki target 6 kursi dari 30 kursi yang diperebutkan di DPRD Kota Batu.

Sementara itu, konsolidasi partai dan bimtek ini dibuka oleh Wakil Ketua komisi pemenangan pemilu, Nurseto Budi Santoso dengan dipukulnya gong bersama Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan dan Kader (OKK) DPD Demokrat Jatim Agus Dono Wibawanto. (*)