Begini Cara Siswa dan Siswi di Kota Malang Peringati Hari Sumpah Pemuda

Oct 28, 2018 14:49
Peringati hari Sumpah Pemuda, siswa dan siswi MIN 1 Kota Malang gelar acara Galaksis (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)
Peringati hari Sumpah Pemuda, siswa dan siswi MIN 1 Kota Malang gelar acara Galaksis (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tanggal 28 Oktober 1928, tepatnya 90 tahun yang lalu, pemuda Indonesia melakukan Sumpah Pemuda. Hari ini, Minggu (28/10/2018) pemuda dan pemudi di seluruh Indonesia kembali memperingati hari bersejarah itu. Berbagai kegiatan pun dilakukan sebagai wujud syukur atas persatuan yang dimulai dari kalangan pemuda nusantara.

Baca Juga : Dampak Covid-19, Beasiswa LPDP ke Luar Negeri Ditunda Tahun Depan

Di Kota Malang, ada banyak kegiatan yang dilakukan. Salah satunya seperti yang dilakukan siswa dan siswi MIN 1 Kota Malang. Ribuan siswa memperingati hari Sumpah Pemuda itu dengan menggelar acara kesenian dan kebudayaan yang dibalut dalam Gala Kreativitas Siswa (Galaksis) di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Beragam penampilan disuguhkan mulai dari aksi drama, menari, hingga menyanyi yang semua dibalut dalam seni tradisi dan modern.

Kepala Sekolah MIN 1 Kota Malang, Drs. Suyanto, M.Pd menyampaikan, momen peringatan Hari Sumpah Pemuda itu diharapkan mampu meningkatkan rasa percaya diri anak-anak. Selain itu juga diharapkan mampu memupuk rasa cinta terhadap kebudayaan bangsa Indonesia.

"Dengan cara ini kami berharap anak-anak lebih bangga dengan kesenian dan budaya yang kita miliki," katanya pada MalangTIMES, Minggu (28/10/2018).

Menurutnya, ada beragam atraksi yang disuguhkan dalam acara tersebut. Berbagai atraksi yang dibuat itu sebelumnya memang sudah banyak dipelajari para siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan lebih dimatangkan saat akan digelar Galaksis. Tahun depan, acara serupa akan kembali digelar namun dengan konsep yang berbeda. "Tapi tidak satu tahun ke depan, acara akan ribuat agenda dua tahunan," urainya lagi.

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Sementara itu, Ketua Pelaksana Galaksis, M. Dwi Cahyono, M.Pd.I menambahkan, selain untuk memperingati hari Sumpah Pemuda, Galaksis juga menjadi salah satu wadah bagi siswa dan siswi yang memang memiliki banyak keahlian dalam bidang seni tradisi. Karena selama ini, MIN 1 Kota Malang juga belum menggelar sebuah event besar untuk mengajak anak-anak menunjukkan bakatnya.

"Sebelumnya kegiatan namanya puncak tema, tapi itu digelar per kelas dan dilakukan di sekolah. Maka ini dibuat lebih besar dan beragam," urainya.

Dengan mengangkat tema Keberagaman budaya sebagai perekat persatuan bangsa, dia berharap pesan untuk menjaga persatuan bangsa sampai hingga pada siswa dan siswi. Karena melalui keberagaman itulah nusantara terwujud dan kokoh hingga sekarang. Kegiatan ini juga menjadi cara untuk menunjukkan betapa kayanya Indonesia akan budaya.

Topik
Hari Sumpah PemudaSiswa dan Siswi di Kota MalangMIN 1 Kota MalangGala Kreativitas Siswa
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru