Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Duduki Peringkat Dua Asia, Batu Secret Zoo JTP Hadirkan Spesies Black Lemur

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

26 - Oct - 2018, 20:31

Black lemur saat menyantap buah-buahan dikandannya Batu Secret  Zoo, Jatim Park 2, Jumat (26/10/2018). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Black lemur saat menyantap buah-buahan dikandannya Batu Secret  Zoo, Jatim Park 2, Jumat (26/10/2018). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Jawa Timur Park (JTP) 2 memperkenalkan keluarga baru di Batu Secret Zoo pada perinatan Hari Lemur Sedunia, di hari ini Jumat (26/10/2018). Spesies lemur bar yang diperkenalkan bernama Black Lemur (Eulemur macaco).

Totalnya ada tambahan tiga ekor keluarga baru yang menghuni rumah baru di zona Savannah Batu secret Zoo. Ketiganya berjenis kelamin jantan. Masing-masing lemur itu diberi nama Cenda sang ayah lahir pada tanggal 14 April 2011. Sementara si kecil Gerry lahir pada tanggal 09 Maret 2016 dan Herry lahir 04 Mei 2017. Mereka lahir di JIHLAVA ZOO, Ceko.

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Dengan demikian spesies ini menambah satu lagi koleksi Batu Secret  Zoo. Jika semula hanya ada 5 spesies saat ini bertambah menjadi 6 spesies. Antara lain Ring Tailed Lemur, Black And White Ruffed Lemur Red Ruffed Lemur, Red Ruffed Lemur, Brown Lemur, Black Lemur, Dan Red Collared Lemur.

Edukator Jatim Park 2 Indriana Novita Kumalasari menjelaskan kedatangan keluarga baru ini menjadikan Jatim Park 2 sebagai kebun binatang ke dua di Asia (selain Tokyo) yang memiliki Black Lemur. Dengan demikian Jatim Park 2 menjadi kebun binatang pertama di Indonesia yang memiliki spesies Lemur. “Dan salah satu kebun binatang di Asia dengan jumlah spesies Lemur paling banyak,” kata Lala sapaan akrabnya.

Sebagai salah satu Iembaga konservasi yang peduli dengan pelestarian satwa-satwa dari seluruh dunia, Jatim Park 2 turut mendukung program pelestarian Lemur. Salah satu upaya ini diwujudkan dalam program breeding internasional melalui European Endangered Species Programmes (EEP) yang dicanangkan EAZA (European Association of Zoos and Aquaria)

“Ini salah satu asosiasi yang concern dalam upaya pelestarian satwa-satwa (khususnya satwa yang terancam punah) yang ada di kebun binatang seluruh dunia,” imbuhnya.

Melihat saat ini status konservasi spesies asli Madagascar ini tengah berada pada titik miris. Yakni kehilangan habitat menjadi alasan utama berkurangnya populasi mereka. Di habitat aslinya, Pulau Madagaskar, spesies lemur terancam dengan kondisi habitat yang semakin sempit karena adanya penebangan dan pembalakan liar dan pembakaran hutan oleh penduduk asli Madagascar. "Lalu juga dimanfaatkan kayunya dan juga akan dialihgungsikan untuk Iahan peternakan,” tambah Lala.

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Menurutnya Jatim Park 2 sebagai salah satu lembaga konservasi di Indonesia yang selalu mendukung program pelestarian satwa dari berbagai belahan dunia.  Tidak berhenti sampai di sini saja. Tahun depan, Jatim Park 2 akan kembali mendatangkan Black Lemur berjenis kelamin betina.

“Yang kami harapkan mampu mewujudkan upaya pelestarian Lemur yang kini semakin terancam punah,” tutupnya.

 


Topik

Wisata lemur Hari-Lemur-sedunia Batu-Secret-Zoo Jawa-Timur-Park Black-Lemur


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya