Penilaian Dilakukan dengan Menyamar, Puskesmas Sisir Masuk Nominator Terbersih Se-Jatim

Puskesmas Sisir yang berada di Jl Sultan Hasan Halim Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Puskesmas Sisir yang berada di Jl Sultan Hasan Halim Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Puskesmas Sisir Kota Batu, terpilih sebagai salah satu nominator kategori puskesmas non-rawat inap dalam Lomba Puskesmas Bersih Tingkat Provinsi Jatim. Puskesmas Sisir terpilih setelah sebelumnya dilakukan penilaian secara inkognito atau secara tidak resmi dan menyamar.

Berhasil menjadi nominator ini menjadi kebanggaan tersendiri. Bagaimana tidak, Puskesmas Sisir ini telah menyisihkan sekitar 963 puskesmas binaan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Dalam nominasi itu, Puskesmas Sisir harus berlomba dengan wakil Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Kediri. Karena itu, pada Jumat (26/10/2018) tim penilaian berjumlah sembilan orang melakukan penilaian langsung di puskesmas yang beralamatkan Jl Sultan Hasan Halim tersebut.

Kepala Seksi Promosi Kegiatan Dinkes Provinsi Jatim Desi Aviajiati mengatakan, ini merupakan penilaian yang kedua bersama timnya. Penilaian yang dilakukan mulai dari selokan.

Dalam selokan, akan dilihat terdapat air yang mampet atau tidak. Lalu penghijauan dalam puskesmas tersebut. “Ada juga terkait dengan sanitasi, pengelolaan limbah media, dan sebagainya. Dan ini juga merupakan lomba yang pertama digelar,” kata Desi. 

Adanya lomba ini merupakan sebuah gagasan yang muncul dari masyarakat. Banyak dari mereka mengeluhkan kebersihan dan pelayanan di puskesmas. “Mulai dari sanalah memang sangat penting adanya perlombaan seperti ini. Agar puskesmas itu  selalu berbenah memberikan yang terbaik bagi pasien yang datany,” imbuhnya di sela-sela penilaian. 

Melihat kebersihan dan kenyamanan pasien iyu menjadi prioritas. Dari kebersihan tempat pelayanan itu juga menjadi titik awal kesembuhan penyakit. “Nah ketika pasien datang memeriksakan kesehatannya, melihat ruang pemeriksaan nyaman dan bersih, secara tidak langsung psikis penyakit akan ikut sembuh,” jelas Desi. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu drg Kartika menambahkan, di Kota Batu ada lima puskesmas. Puskesmas itu memang harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk pasien yang membutuhkan pelayanan. “Adanya lomba seperti ini itu menjadi pacuan sejauh mana sebuah puskesmas mampu berdiri dengan memberikan pelayanan yang bersih dan nyaman,” ujar Kartika. 

Bahkan untuk masing-masing puskesmas itu juga dipasang kotak kritik dan saran untuk mengetahui sejauh mana kepuasan dari pasien yang datang. “Dari kotak kritik dan saran itu, kami jadi tahu sejauh mana kualitas dari puskesmas kami. Sehingga besar harapan kami Puskesmas Sisir bisa dapat prestasi,” tambahnya. (*) 

 

Editor : Yunan Helmy
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top